Jakarta (ANTARA) -
Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada akhir perdagangan Jumat menguat seiring pasar menunggu pidato Ketua bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed Jerome Powell terkait kebijakan suku bunga acuan.
 
Pada akhir perdagangan Jumat, rupiah ditutup naik 108 poin atau 0,69 persen menjadi Rp15.492 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.600 per dolar AS.
 
"Pasar wait and see pidato Gubenur The Fed malam ini waktu Indonesia," kata analis Bank Woori Saudara Rully Nova saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.
 
Pelaku pasar memproyeksikan penurunan suku bunga acuan AS atau Fed Funds Rate sebesar 25 basis poin pada September 2024.
 
Sementara dari dalam negeri faktor penting terkait dengan polemik Rancangan Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada) dan dinamika politik.
 
Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memastikan pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) pilkada batal dilaksanakan dan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal pilkada akan berlaku.
 
Untuk itu, dia memastikan pada saat pendaftaran calon kepala daerah untuk pilkada pada 27 Agustus 2024 bakal menerapkan putusan dari MK.
 
Sementara Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Jumat naik ke level Rp15.554 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.579 per dolar AS.
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024