Jakarta (ANTARA) - Juara sementara kelas berat Ultimate Fighting Championship (UFC) Tom Aspinall mengatakan kesempatannya untuk memiliki pertarungan dalam memperebutkan gelar juara yang tidak terbantahkan disandera oleh pihak lain.

"Masalahnya bukan pada Jon. Masalahnya bukan pada Stipe. Masalahnya adalah mereka yang menyandera sabuk tersebut. Berikan aku ikat pinggangnya, sabuk itu milikku," ujar Aspinall sebagaimana dikutip dari laman resmi MMA fighting di Jakarta, Jumat.

Di UFC 304, Aspinall berhasil mempertahankan gelar kelas berat sementara ketika menumbangkan Curtis Blaydes dalam waktu 60 detik. Meskipun mempertahankan gelarnya yang luar biasa, Aspinall tetap tidak berhasil mendapatkan satu hal yang paling dia inginkan yaitu pertarungan dengan Jon Jones.

Jones adalah juara kelas berat UFC saat ini, setelah memenangkan gelar dengan mengalahkan Ciryl Gane pada tahun 2023 lalu. Ia akan menghadapi mantan juara kelas berat Stipe Miocic dalam mempertahankan gelar pertamanya.

Pertarungan Jones-Miocic dirumorkan akan terjadi di UFC 309 pada November mendatang. Jika pertarungan itu terjadi, Aspinall akan kalah dalam upayanya mendapatkan kesempatan melawan Jones untuk mendapatkan gelar juara yang tidak terbantahkan.

Baca juga: Tom sebut isyarat pensiun Jones dari UFC untuk hindari pertarungan

Aspinall mengatakan, dirinya mengetahui bahwa meskipun pertarungan Jones-Miocic dirumorkan akan berlangsung pada November, namun belum ada hal yang diumumkan dan ditandatangani.

"Tetapi jika itu benar-benar terjadi, saya akan berada di sana, saya akan siap untuk bergabung dengan salah satu dari kalian untuk gelar yang tak terbantahkan jika salah satu dari anda keluar," ujarnya.

Jika berhasil bertahan melawan Stipe pada bulan November, ia mengatakan akan berada di antara penonton di barisan terdepan. "Saya ingin anda (Jones) memberi saya gelar yang tidak perlu dipersoalkan saat anda berjalan melewati saya. Terima kasih," ujarnya.

Aspinall telah mencoba untuk bertarung dengan Jones sejak memenangkan sabuk sementara musim gugur lalu namun belum mendapatkan kesempatan itu. Stipe yang mendapatkan kesempatan meraih gelar meskipun telah berusia 42 tahun dan tidak berkompetisi selama lebih dari tiga tahun.

Meski demikian, Aspinall masih memiliki sedikit harapan ketika pihak UFC berbicara dengannya sebagai petarung cadangan setelah mengalahkan Curtis Blaydes.

"Saya bilang (ke UFC) saya ikut. Jika ada yang mundur, saya ikut. Saya akan bersiap untuk tanggal itu, jadi beri tahu saya. Saya akan berada di sana. Saya siap untuk melakukan perlawanan. Saya yang nomor satu di divisi ini, bukan Jon Jones, bukan Stipe Miocic," ujarnya.

Namun demikian, kondisi saat ini masih sulit bagi Aspinall yang telah menang atas lima petarung dan berada di peringkat 10 besar UFC kelas berat dan karena tidak mendapatkan kepastian mengenai kesempatan membuktikan apa yang ia yakini bahwa ia sebenarnya adalah petinju kelas berat terbaik di dunia.

Baca juga: CEO UFC yakin Jon Jones akan bertarung melawan Aspinall

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024