Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan nasional balap motor Pertamina Mandalika Racing Series (MRS) 2024 telah memasuki putaran keempat yang bakal diadakan pada 23-25 Agustus di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Dikutip dari keterangan resmi, Jumat, kelas Kejurnas yang dipertandingkan di Pertamina MRS 2024 adalah Sport 150, Sport 250, Supersport 600.

Lebih lanjut, ada juga kelas pendukung Junior Sport 150 U-15, Underbone 150 Open serta Supersport 600 dan Superbike 1000 Community.

Pembalap unggulan Indonesia dipastikan tampil seperti Andi Gilang, Galang Hendra, AM Fadly, hingga M Kiandra Ramadhipa.

Sementara itu, sebanyak 26 pembalap belia bertarung di kelas Junior Sport 150 U-15, dengan tiga pabrikan yakni Honda, Yamaha dan Suzuki.

Baca juga: Persaingan pembalap Indonesia warnai putaran ketiga Kejurnas MRS 2024

Menurut Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, ajang hasil kolaborasi antara PRIDE Motorsport dengan MGPA, IMI, Kemenparekraf, ITDC, inJourney dan Pertamina ini telah terbukti mengantarkan pembalap Indonesia mencetak prestasi di kejuaraan Asia, Eropa dan dunia.

“Pada event ARRC Mandalika lalu, pembalap Indonesia yang naik podium adalah para peserta di Pertamina Mandalika Racing Series. Hal ini membuktikan bahwa MRS telah menjadi sebuah laga penting yang harus diikuti sebelum mereka naik level ke tingkat lebih tinggi,” kata Priandhi.

“Belum lama ada nama Veda Ega Pratama dan MK Ramadhipa yang berhasil naik podium untuk membuat bangga Indonesia sebagai kado Kemerdekaan. Selain itu ada Aldi Satya Mahendra serta Galang Hendra Pratama yang sekarang bermain di ajang WSSP300,” ujarnya menambahkan.

Agar proses regenerasi terus berjalan, Priandhi mengatakan kelas Junior Sport 150 U-15 menjadi salah satu harapan untuk membuat sebuah fase pembinaan berkesinambungan dan terstruktur.

Priandhi menambahkan bahwa Pertamina MRS putaran keempat ini juga menjadi bagian dari program Road to MotoGP Indonesia pada 27-29 September.

“Nanti bakal ada program yang beririsan antara MRS dengan Pertamina Grand Prix of Indonesia sebagai upaya kita meningkatkan dunia motorsport di Tanah Air sejalan dengan program mendukung pembalap Indonesia mendunia,” katanya.

Pada perebutan gelar Juara Nasional Sport 150, pembalap tuan rumah Aldiaz Aqsal Ismaya mengantongi 105 poin, bersaing ketat dengan Galang Hendra Pratama yang berselisih satu poin.

Sementara di kelas Sport 250, Andi Gilang berpeluang mengunci gelar juara yang kini memimpin dengan 140 poin. Dua pembalap di belakangnya Feli Putra Mulya (76 poin) serta Reynaldo Ratukore (74 poin).

Sedangkan di kelas Supersport 600 M Adenanta Putra berada di puncak klasemen dengan 166 poin, unggul dari Dimas Ekky Pratama (116 poin) dan Rheza Danica (95 poin).

Baca juga: Kejurnas Pertamina MRS ajang persiapan hadapi AARC Mandalika

Baca juga: 19 pembalap Indonesia akan ramaikan ARRC di Sirkuit Mandalika


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024