Kabupaten Tangerang (ANTARA) - Sebanyak 55 anggota legislatif terpilih pada Pemilu 2024, secara resmi dilantik dan diambil sumpah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kabupaten Tangerang, Banten masa jabatan 2024-2029, di Gedung DPRD setempat, Jumat.

Prosesi pengucapan sumpah ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Tangerang, Dr. Fahmiron dengan pernyataan komitmen untuk memenuhi kewajiban dengan sebaik-baiknya dan adil sesuai peraturan perundang-undangan dan Pancasila.

Disamping itu, rapat paripurna pengesahan anggota DPRD terpilih yang dipimpin oleh pimpinan rapat yakni Kholid Ismail menyampaikan bahwa tugas utama para anggota dewan terpilih sudah menanti diantaranya adalah penyusunan tata tertib dan lain sebagainya.

"Diharapkan seluruh anggota terpilih bisa menyesuaikan kesungguhan dalam menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang sementara, Muhammad Amud menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada pimpinan sementara.

Amud pun mengungkapkan beberapa agenda utama seperti memfasilitasi terbentuknya fraksi dan memproses penetapan pimpinan DPRD definitif akan segera dirancang oleh pihaknya.

"Nanti kita tunggu surat dari pimpinan masing-masing partai, nanti agar dapat diajukan ke Gubernur melalui Bupati. Dan itu mudah-mudahan selama seminggu dua minggu ke depan sudah selesai," papar dia.

Adapun pelantikan tersebut dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Banten dan Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono serta jajaran pejabat pemerintah daerah setempat dari sekretaris daerah kabupaten, kemudian kepala organisasi perangkat daerah hingga pejabat kepolisian setempat.

Pejabat Gubernur Banten, Al Muktabar mengatakan selamat atas atas pelantikan para anggota legislatif terpilih pada Pemilu 2024.

Ia menilai, pelantikan anggota DPRD terpilih di Kabupaten Tangerang ini merupakan merupakan agenda penetapan tercepat untuk di daerah Provinsi Banten.

"Pelantikan dan pengukuhan ini adalah yang tercepat untuk di Provinsi Banten, dan mudah-mudahan anggota DPRD terpilih ini amanah untuk menjalin tugas ke depannya," ungkapnya.

Dia berharap, untuk para anggota DPRD Kabupaten Tangerang yang saat ini telah dilantik nantinya dapat bersinergi bersama pemerintah daerah dalam membantu pembahasan penganggaran pembangunan ke depan.

"Bagaimana pengawasan yang dilakukan legislatif, kita lakukan itu untuk masyarakat," kata dia.
Baca juga: DPRD Kabupaten Tangerang minta perusahaan pencemar lingkungan ditindak
Baca juga: DPRD Tangerang akan panggil pengelola Kawasan Industri Millenium
Baca juga: Anggota DPRD Tangerang banyak tak hadir rapat paripurna


 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024