Jakarta (ANTARA) - Instagram akhirnya secara resmi mendebutkan fitur "Musik di Profil" sebuah fitur yang awam bagi para pengguna media sosial era 2000-an dan untuk mengenalkan fitur ini mereka menggaet musisi pop fenomenal Sabrina Carpenter.

Sabrina diketahui saat ini tengah mempersiapkan diri untuk merilis karya baru berjudul "Taste" dan secara eksklusif merilis potongan karyanya itu lewat fitur "Lagu di Profil" milik Instagram.

Fitur musik baru Instagram di profil itu memungkinkan pengguna untuk menambahkan lagu langsung ke profil mereka.

Lebih dari itu, fitur ini menarik hati karena memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan suasana hati, berbagi trek favorit, dan terhubung dengan orang lain berdasarkan preferensi musik.

Baca juga: Lagu Sabrina Carpenter menempati puncak tangga lagu Billboard

Baca juga: Pengguna kini bisa pakai 20 lagu sebagai musik latar Instagram Reels


Fitur ini berpotensi merevolusi cara pengguna Instagram menemukan dan mengkonsumsi musik, membuatnya lebih sosial dan interaktif.

Penggemar yang ingin mendengar lagu "Taste" harus langsung menuju ke profil Sabrina Carpenter, karena tidak akan tersedia di tempat lain sampai album penuh dirilis.

Strategi rilis eksklusif ini menambahkan cara baru bagi para penggemar mengantisipasi karya-karya baru dari idolanya.

Membahas secara spesifik kerja sama Instagram dan Sabrina, dengan memanfaatkan fitur ini, wanita pelantun "Espresso" itu tidak hanya menghasilkan kegembiraan untuk para penggemar lewat bocoran musik barunya, tetapi juga memanfaatkan tren yang berkembang menggunakan media sosial sebagai platform untuk penemuan dan promosi musik.

Pendekatan ini bisa membuka jalan bagi seniman lain untuk mengeksplorasi strategi serupa dan lebih mengaburkan garis antara musik dan media sosial.

Keputusan Carpenter untuk memanfaatkan fitur ini menunjukkan evolusi lanjutan platform dan kemampuannya untuk menyediakan seniman dengan cara-cara baru untuk terhubung dengan audiens mereka.

Meski demikian perlu diketahui nampaknya fitur "Musik di Profil" ini belum tersedia untuk semua pengguna dan masih dalam perilisan bertahap.

Sebenarnya pada April 2024, fitur "Musik di Profil" sempat muncul untuk beberapa pengguna namun kehadirannya saat itu dirilis diam-diam.

Dengan kerja sama bersama Sabrina Carpenter, Instagram mengonfirmasi bahwa fitur ini akan dirilis ke lebih banyak pengguna.

Baca juga: Stiker bertanya Instagram bisa dipakai putar musik

Baca juga: Sabrina Carpenter keluarkan single baru



Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024