Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo mengatakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI tidak hanya menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia, tetapi juga simbol hubungan bilateral yang kuat dengan Singapura.

"Perayaan nasional Indonesia ini tidak hanya merupakan momen kebanggaan bagi bangsa, tetapi juga simbol hubungan bilateral yang kuat dan teguh dengan Singapura," kata Dubes Suryo dalam resepsi diplomatik yang digelar di Hotel Shangri-La pada Kamis (22/8), sebagaimana rilis pers KBRI yang diperoleh ANTARA, Jumat.

Dalam rilis tersebut disebutkan bahwa resepsi diplomatik itu dihadiri oleh tamu kehormatan Menteri Keberlanjutan dan Lingkungan Singapura, Grace Fu, dan juga anggota komunitas diplomatik, pejabat tinggi, dan sejumlah pemimpin bisnis terkemuka.

Selain menyoroti pentingnya perayaan HUT RI, dalam sambutannya Dubes Suryo menekankan bahwa meskipun ada perubahan kepemimpinan di kedua negara, kebijakan luar negeri dan kerja sama yang saling menguntungkan tetap kokoh.

Dubes Suryo juga memuji hubungan ekonomi yang kuat antara Indonesia dan Singapura, dengan mencatat angka investasi yang memecahkan rekor dan pertumbuhan perdagangan bilateral yang terus meningkat.

Dia menyebutkan bahwa Singapura tetap menjadi salah satu investor terbesar di Indonesia, dengan investasi mencapai 8,9 miliar dolar AS (sekitar Rp138,6 triliun) pada paruh pertama 2024.

Baca juga: Menlu Retno soroti menguatnya hubungan RI-Singapura 10 tahun terakhir

Lebih lanjut, dia juga menyoroti pertukaran budaya, pendidikan, dan riset yang telah berkembang pesat antara kedua negara sebagai langkah maju yang signifikan dalam mengembangkan penelitian tentang keberlanjutan dan inovasi.

"Indonesia sedang berada di jalur emas menuju menjadi pemain ekonomi utama di Asia, dan dengan dukungan dari sahabat dan mitra kami, kami optimis untuk mewujudkan cita-cita besar bangsa," katanya.

Sementara itu, Menteri Singapura Grace Fu juga menyampaikan pengakuan atas kuatnya hubungan bilateral Indonesia-Singapura.

Dia mengatakan bahwa kekuatan hubungan bilateral itu berkat kolaborasi yang kuat juga sehingga kedua negara dapat saling melengkapi kepentingan nasional masing-masing, dan juga memberikan kontribusi pada tingkat regional dan global.

Grace berharap kedua negara dapat bekerja sama lebih jauh lagi dalam isu-isu baru dan yang sedang berkembang.

Pada kesempatan tersebut, dia juga menyampaikan rasa kagumnya terhadap keberagaman Indonesia yang terlihat dari bermacam busana adat yang dipakai para pejabat dan staf KBRI Singapura.

Baca juga: Dongkrak ekspor impor, RI dan Singapura teken MoU jaminan produk halal

Pewarta: Katriana
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024