Medan (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) melibatkan sebanyak 4.970 personel gabungan untuk mengamankan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung pada 8-20 September 2024 di wilayah ini.

"Personel gabungan dibantu penuh teman-teman dari TNI, dari pemerintah daerah yang berkaitan langsung dengan kegiatan pengamanan ini," ujar Wakil Kepala Polda Sumut Brigjen Pol Rony Samtana usai apel gelar pasukan operasi kepolisian "Harimau Sumatera (Harta) Toba 2024" di Medan, Jumat.

Rony melanjutkan dalam kegiatan pengamanan itu diketahui ada 34 cabang olahraga yang masuk di wilayah Sumut maupun wilayah hukum Polda.

Lebih lanjut, dia mengatakan, dari 34 cabang olahraga tersebut ada di 10 Kabupaten dan kota. 

"Selain itu, pengaman juga dilakukan dari panitia penyelenggara, ofisial, atlet dan lainnya agar ajang nasional ini berjalan dengan baik dan lancar," kata Rony.

Pelaksanaan kegiatan PON ini melibatkan sekitar 6.281 orang, dengan dukungan dari 3.140 orang ofisial sementara di Aceh akan ada 5.636 atlet dan 2.752 ofisial.

"Pengamanan ini memastikan kesiapan penyelenggaraan, kenyamanan penyelenggaraan dan kesan yang baik yang akan didapatkan oleh masyarakat, peserta dan pengunjung yang ikut ataupun menyaksikan keseluruhan rangkaian penyelenggaraan PON," tutur Rony.

Di sisi lain, dia mengimbau kepada masyarakat Sumut nantinya adanya rekayasa lalu lintas harap maklum, dan dapat dimengerti karena itu semua bagian dari upaya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam penyelenggaraan PON tersebut.

Secara umum dia mengatakan, pihaknya siap mengamankan ajang multi cabang ini agar berjalan aman, kondusif dan lancar nantinya.

"Kami siap mengamankan semuanya, karena apa? Karena memang ini menjadi tugas pokok kami, dan kami berterima kasih kepada unsur TNI dan Pemda yang begitu atensi untuk membantu kegiatan pengamanan PON ini," kata Rony.
Baca juga: Polda Sumut intensifkan persiapan personel jelang PON
Baca juga: Polda Sumut siapkan pos pengamanan di setiap arena PON 2024
Baca juga: Polda Sumut tekan angka kejahatan jalanan 7,21 persen jelang PON 

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024