Beijing (ANTARA) - Otoritas berwenang China berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah tegas guna melindungi lahan pertanian dengan merilis studi kasus yang melibatkan penyitaan serta penggusuran bangunan dan struktur ilegal.

Kejaksaan Agung Rakyat (Supreme People's Procuratorate/SPP) dan Kementerian Sumber Daya Alam China menerbitkan empat kasus tipikal dari Sichuan, Guangxi, Hebei, dan Heilongjiang.

Seorang pejabat SPP mengatakan bahwa penggusuran bangunan dan struktur ilegal tetap menjadi tantangan bagi jaksa penuntut China dalam penegakan hukum penggunaan lahan. Situasi ini memerlukan akuntabilitas yang diperkuat, prosedur penghapusan yang lebih jelas, dan penanganan kasus yang efektif oleh otoritas terkait.

SPP dan kementerian tersebut berencana meningkatkan mekanisme komunikasi rutin, termasuk penyampaian petunjuk penting, berbagi informasi, dan pelaporan kasus.

Kedua pihak tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kerangka kelembagaan guna menangani secara lebih baik pelanggaran penggunaan lahan, sehingga memastikan perlindungan lahan pertanian dan ketahanan pangan. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024