Jakarta (ANTARA) - Kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2024 mencatatkan peningkatan signifikan dalam jumlah slam-dunk sepanjang musim reguler, seiring dengan kian sengitnya persaingan antar tim pada tahun ini.

Aksi slam-dunk yang sering kali menjadi daya tarik utama bagi penonton mengalami lonjakan drastis, mencapai lebih dari dua kali lipat dibanding musim sebelumnya, menunjukkan betapa sengitnya persaingan di liga tahun ini.

Pada musim 2022, tercatat 167 slam-dunk terjadi sepanjang musim. Angka ini kemudian naik menjadi 284 kali pada musim 2023. Namun, musim 2024 mencatatkan rekor baru dengan total 655 kali slam-dunk, menunjukkan peningkatan yang luar biasa dalam hal intensitas dan frekuensi aksi tersebut.

Jumlah yang spektakuler ini tak hanya mencerminkan peningkatan keterampilan individu para pemain, tetapi juga semakin tingginya kualitas kompetisi di liga basket Indonesia.

Baca juga: Pandu Wiguna raja "slam dunk" IBL All-Star 2024

Tidak hanya pemain-pemain besar yang biasanya bermain di posisi nomor empat (power forward) atau nomor lima (center) yang menjadi andalan dalam mencetak slam-dunk. Kini, para guard juga turut unjuk kebolehan dalam melakukan aksi tersebut. Keberanian mereka untuk melakukan slam-dunk saat ada kesempatan kerap kali membakar semangat para penonton yang menyaksikan pertandingan secara langsung di arena.

Musim 2024 ini juga disebut-sebut sebagai salah satu musim terkuat dalam tiga tahun terakhir dari sisi jumlah pemain. Mengutip laman resmi IBL, kompetisi IBL musim 2024 diikuti oleh 176 pemain lokal, 73 pemain asing, empat pemain naturalisasi, dan satu pemain heritage atau keturunan Indonesia. Kualitas pemain asing tahun ini pun dianggap lebih unggul dibanding tahun-tahun sebelumnya yang berkontribusi terhadap meningkatnya jumlah slam-dunk di liga.

Pemain lokal pun tidak kalah bersaing dalam hal slam-dunk. Salah satu yang paling menonjol adalah Pandu Wiguna dari Prawira Harum Bandung. Pandu tidak hanya kerap melakukan slam-dunk dalam pertandingan, tetapi juga berhasil memenangi Slam-Dunk Contest di IBL All-Star 2024, mengalahkan para kontestan asing.

Baca juga: Menang Slam Dunk Contest IBL, Pandu Wiguna: Pemain lokal juga bisa

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024