Selain sebagai ajang perayaan, WJF 2024 juga mendukung dua inisiatif nasional, yaitu gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang bertujuan utama untuk mempromosikan produk lokal dan pariwisata dalam ne
Bandung (ANTARA) -
Sekretaris Daerah Jawa Barat Herman Suryatman mengatakan, West Java Festival (WJF) 2024 merupakan momentum untuk mendukung inisiatif nasional terkait kebanggaan menggunakan barang buatan Indonesia dan berwisata di dalam negeri selain puncak perayaan HUT Jabar.

Artinya, kata Herman, selain puncak perayaan HUT Jabar setiap tahun, WJF 2024 ini menjadi momentum penting untuk menunjukkan sinergi serta kolaborasi elemen masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta dalam tema "Harmoni Kolaborasi" dalam promosi produk dan wisata lokal.

"Selain sebagai ajang perayaan, WJF 2024 juga mendukung dua inisiatif nasional, yaitu gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang bertujuan utama untuk mempromosikan produk lokal dan pariwisata dalam negeri," kata Herman dalam pembukaan WJF 2024 di pelataran Gedung Sate Bandung, Jumat.

Selain bertujuan untuk meningkatkan daya tarik pariwisata Jawa Barat dengan menonjolkan keunikan budaya dan potensi wisata lokal, kata Herman, WJF 2024 juga menyediakan peluang ekonomi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal, serta memberikan platform bagi seniman dan budayawan untuk menampilkan karya mereka.

Kemudian, lanjut dia, selain mendukung gerakan BBI dan BBWI sebagai upaya pemerintah untuk mendorong kebanggaan terhadap produk dan destinasi wisata lokal, WJF 2024 juga menguatkan identitas budaya dan kebanggaan masyarakat Jawa Barat melalui berbagai acara seni dan budaya.

"Serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan melalui inisiatif ramah lingkungan yang diterapkan selama festival," ujarnya.

WJF 2024 ini, dilangsungkan selama tiga hari pada 23-25 Agustus 2024 di dua lokasi utama yakni Gedung Sate dan Lapangan Saparua dengan beberapa rangkaian kegiatan.

Rangkaian kegiatan selama festival itu meliputi pameran dan bazar UMKM yang menampilkan lebih dari 1.000 UMKM dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat.

Kemudian pertunjukan seni budaya dengan menghadirkan 1.830 seniman dan budayawan Jabar yang menampilkan karya seni, musik, tarian dan budaya khas daerah.

Lalu, festival kuliner yang menonjolkan berbagai masakan tradisional Jawa Barat. Ada juga pameran bursa kerja (jobfair) dan pameran pendidikan (edufair) oleh West Java Partnership yang menawarkan 16.000 lowongan kerja dan berbagai beasiswa pendidikan.

Serta Harvesting Gerakan Nasional BBI dan BBWI sebagai acara puncak dalam rangka mendukung gerakan nasional tersebut.

Dampak yang diharapkan dari penyelenggaraan WJF 2024, ucap Herman, barang tentu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jabar dan pergerakan ekonomi lokal, yakni meningkatkan transaksi ekonomi dengan target total Rp2,5 miliar selama festival, serta perputaran ekonomi mencapai Rp400 miliar.

Kemudian, membantu memperkuat identitas budaya dan kebanggaan masyarakat Jawa Barat terhadap warisan budaya lokal. Serta mendorong aktivitas ekonomi daerah dengan menarik pengunjung, investor, dan pelaku bisnis.

Lalu, menyediakan ruang kolaborasi bagi seluruh lapisan masyarakat Jawa Barat. Dan juga meningkatkan kesadaran lingkungan melalui penerapan inisiatif ramah lingkungan selama festival.

"WJF 2024 diharapkan dapat memberikan multiplier effect bagi perekonomian Jabar serta membangun karakter masyarakat yang tangguh, kreatif dan tetap berakar pada nilai budaya lokal. Dan dengan penuhnya okupansi hotel dan peningkatan penumpang Whoosh dan moda transportasi lainnya ke Bandung, optimisme pencapaian target festival sangat tinggi. Semoga WJF 2024 menjadi inspirasi untuk terus berkolaborasi dan menjaga warisan budaya sambil tetap mengedepankan keberlanjutan lingkungan," tutur Herman menambahkan.

Baca juga: Musisi papan atas dipastikan hadir meramaikan WJF 2024
Baca juga: Disperindag tingkatkan belanja produk UMKM di WJF melebihi tahun 2023
Baca juga: "WJF 2024" jadi momentum tingkatkan kunjungan wisatawan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024