Shanghai, (ANTARA/PRNewswire)- Anak usaha Shanghai Electric (SEHK:2727, SSE:601727), Shanghai Electric Wind Power Group, baru saja mengirim service and operation vessel (SOV) pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) lepas pantai pertama di Asia ke Qidong, Provinsi Jiangsu. Dibangun oleh Zhenhua Heavy Industries, kapal induk ini menjalankan kegiatan operasional dan pemeliharaan secara kontinu di PLTB perairan dalam dan laut dalam. Kehadiran SOV ini mengatasi kendala perkapalan yang marak ditemui di Tiongkok, termasuk jangka waktu pengiriman yang pendek, tidak mampu menjalankan kegiatan operasional secara kontinu, rute pergi-pulang yang sering, efisiensi rendah, serta kurang mampu beroperasi di laut dengan kondisi berat.

Liu Xiangnan, Vice President, Shanghai Electric Wind Power Group, berkata, "Dua SOV PLTB lepas pantai ini mengintegrasikan kegiatan operasional dan pemeliharaan yang efisien, serta kegiatan operasional dan pemeliharaan yang ramah lingkungan dan pintar. SOV ini juga mengusung struktur PLTB di laut dalam yang visioner sehingga mewujudkan pembangunan bermutu tinggi dalam kapabilitas operasional dan pemeliharaan PLTB lepas pantai di Tiongkok."

Spesifikasi Zhizhen 100 dan Zhicheng 60:
  • Zhizhen 100 memiliki panjang 93,4 meter, lebar (beam) 18 meter, tingkat kedalaman 7,6 meter, serta kecepatan 12,3 knot;
  • Zhicheng 60 memiliki panjang 72,76 meters, lebar (beam) 17,5 meters, tingkat kedalaman 7 meter, serta kecepatan 12 knot.
Dua SOV yang dikirim ini telah menawarkan kegiatan pemeliharaan PLTB yang efisien, berkelanjutan, pintar, dan aman. Keduanya dilengkapi sistem DP2 dynamic positioning, memiliki ruang kargo besar dan mampu menyimpan komponen turbin PLTB berbobot berat, serta beroperasi mandiri selama lebih dari 30 hari.

  • Zhizhen 100 dan Zhicheng 60 dilengkapi active wave compensation pier yang mencegah kerusakan lambung kapal akibat hantaman ombak, mempermudah perpindahan personil dan komponen, serta pemeliharaan PLTB bahkan di laut yang kondisinya berat.
  • Kedua SOV memiliki folding arm offshore crane, workboat, boarding frame, dan anjungan helikopter dari bahan campuran aluminium.
  • Dengan sistem hibrida diesel-elektrik dan baterai litium, sistem propulsi listrik dan DC busbar distribution, kedua SOV memiliki klasifikasi hybrid power dan green ship yang telah disertifikasi China Classification Society (CCS).
  • Sistem operasi mutakhir dan pintar yang meningkatkan efisiensi kegiatan pemeliharaan, serta mengurangi beban kerja sehingga memperpanjang periode operasional.
"Sebagai pionir, pemimpin, dan pengembang PLTB lepas pantai di Tiongkok, Shanghai Electric Wind Power Group telah terlibat dalam perkembangan dan pertumbuhan industri PLTB lepas pantai dalam negeri, serta aktif merespons kebutuhan pembangunan PLTB lepas pantai di laut dalam Tiongkok," jelas Liu.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024