Jakarta, Indonesia, (ANTARA/PRNewswire)- Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH, IDX: ISAT) semakin berkomitmen mewujudkan tujuan besarnya, yakni memberdayakan Indonesia, dengan meluncurkan AI Experience Center pertama di Indonesia di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah. Fasilitas mutakhir ini, didukung konektivitas 5G, menjadi bentuk nyata komitmen Indosat dalam membangun masa depan Indonesia sebagai negara berdaya AI, serta memosisikan Indonesia sebagai pemain kunci di komunitas AI global.

Peresmian AI Experience Center ini dihadiri tokoh-tokoh penting, seperti Wijaya Kusumawardhana, Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya, mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia; Vikram Sinha, President Director & CEO, Indosat Ooredoo Hutchison; serta Walikota Surakarta, Teguh Prakosa. Momentum tersebut menandai kemajuan Indonesia dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045 melalui pemanfaatan teknologi canggih, dengan konektivitas 5G sebagai tulang punggung transformasi.

Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya, Wijaya Kusumawardhana, berkata, "Kami mengucapkan selamat kepada Indosat Ooredoo Hutchison sebagai pionir yang menghadirkan AI Experience Center pertama di Indonesia. Inisiatif ini merupakan momentum penting bagi evolusi industri telekomunikasi. Kami percaya bahwa fasilitas ini akan mendorong inovasi di berbagai sektor, dan kami mendukung penuh kesuksesannya."

President Director & CEO, Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, berkata, "AI Experience Center ini menjadi momen penting dalam perjalanan kami untuk memberdayakan Indonesia melalui AI. Hal tersebut juga mempertegas komitmen kami dalam mentransformasi lanskap digital dan telekomunikasi Indonesia. Kami mengapresiasi dukungan Pemerintah Indonesia dan mitra strategis yang memiliki kesamaan visi untuk mendorong Indonesia ke panggung global. Ini barulah permulaan dari berbagai perkembangan menarik lain dalam membuka peluang tanpa batas bagi jutaan masyarakat Indonesia."

Walikota Surakarta, Teguh Prakosa, menekankan, "Kami merasa terhormat atas terpilihnya Solo oleh Indosat sebagai lokasi AI Experience Center pertama di Indonesia. Fasilitas ini tidak hanya meningkatkan keunggulan Solo Technopark, namun juga memicu efek berganda bagi ekonomi lokal dan digitalisasi, membawa manfaat bagi edukasi, pariwisata, dan penciptaan lapangan pekerjaan."

Bermitra dengan perusahaan teknologi global seperti Huawei, Indosat AI Experience Center memamerkan teknologi AI terkini yang dapat diaplikasikan di berbagai sektor, termasuk smart city management yang mengoptimalkan jaringan 5G Indosat, seni, industri makanan, serta industri kreatif. Tidak hanya menunjukkan inovasi terkini dari AI, experience center ini juga akan berfungsi sebagai pusat pelatihan yang menawarkan program bagi pelajar, aparatur sipil negara, hingga masyarakat luas yang ingin mempelajari manfaat AI untuk meningkatkan produktivitas dan membuka peluang baru.

Fasilitas ini akan menjadi awal bagi AI Center of Excellence yang segera didirikan Indosat dalam waktu dekat, yang juga akan didukung teknologi 5G. Komitmen Indosat memajukan teknologi termutakhir di Solo berawal pada 2021 melalui peluncuran layanan 5G, diikuti oleh penetapan Solo Safari sebagai kebun binatang 5G pertama di Indonesia.

Berlandaskan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia, AI Experience Center ini akan menjadi katalis bagi inovasi, memperkuat pengembangan sumber daya manusia agar menguasai keahlian AI, dan menyediakan sarana pemanfaatan AI bagi masyarakat Indonesia. Indosat AI Experience Center tidak hanya hadir sebagai simbol era baru dalam revolusi teknologi di Indonesia, namun juga awal perjalanan kebangkitan Indonesia sebagai pemimpin AI. Dengan fasilitas ini, Indosat tidak hanya berinvestasi pada teknologi, namun juga bagi masa depan bangsa, memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia agar AI dan 5G menyediakan peluang tanpa batas, serta mendorong masa depan Indonesia yang lebih cerah dan inovatif.

Tentang Indosat Ooredoo Hutchison 

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat, IDX: ISAT) memiliki visi untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia. Bersama anak usaha dan afiliasinya, Indosat menghadirkan layanan seluler, solusi TIK, data center, Fiber to the Home (FTTH), layanan pembayaran elektronik, layanan finansial dan layanan digital lainnya. Indosat memiliki tujuan yang lebih besar yaitu memberdayakan Indonesia, dan dengan semangat gotong royong, Indosat ingin menjadi kolaborator utama dalam mewujudkannya serta menciptakan perubahan yang berarti.

Sanggahan

Dokumen ini dapat mengandung informasi keuangan dan hasil-hasil kegiatan operasional tertentu, serta sejumlah proyeksi, rencana, strategi dan tujuan-tujuan Indosat Ooredoo Hutchison yang bukan merupakan pernyataan fakta sejarah. Maka, informasi tersebut akan diperlakukan sebagai pernyataan proyeksi ke depan sesuai pengertian hukum yang berlaku. Pernyataan proyeksi ke depan dipengaruhi oleh risiko dan ketidakpastian yang dapat mengakibatkan kejadian sesungguhnya dan pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison ke depan berbeda dengan yang diharapkan atau diindikasikan oleh pernyataan-pernyataan. Tidak ada jaminan yang dapat diberikan terkait hasil yang diharapkan oleh Indosat Ooredoo Hutchison, atau diindikasikan oleh pernyataan semacam ini akan tercapai.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024