Jakarta (ANTARA) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung pasangan Willem Wandik dan Aloysius Giyai pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Tengah 2024.

Berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat, pengusungan tersebut secara resmi ditandai dengan pemberian Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat PKB oleh Sekretaris Jenderal PKB Hassanudin Wahid kepada pasangan Willem-Aloysius di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (22/8).

"Malam ini, saya Sekjen DPP PKB menyerahkan surat keputusan DPP PKB untuk bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Tengah Willem Wandik-Aloysius Giyai. Insyaallah, beliau berdua akan menjadi gubernur dan wakil gubernur terpilih. Amin," kata Hassanudin.

Sementara itu, Willem Wandik menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan PKB. Menurut dia, dukungan yang diberikan PKB merupakan manifestasi dari suara rakyat Papua Tengah.

"Saya dan bakal calon wakil gubernur dengan ini berterima kasih diberikan tanggung jawab. Surat ini adalah bentuk dari suara rakyat yang ada di Papua Tengah. Semoga PKB selalu bersama dengan kami, dan PKB memberi kami semangat baru lagi," ujar Willem.

Di sisi lain, pengamat politik Nahdlatul Ulama Rikal Dikri mengatakan bahwa keputusan PKB mengusung Willem Wandik dan Aloysius Giyai pada Pilkada Papua Tengah adalah langkah yang cerdas dan tepat.

"Karena berdasarkan hasil survei beberapa lembaga, elektabilitas pasangan ini unggul jika dibandingkan dengan pasangan lain," kata Rikal.

Menurut Rikal, Willem Wandik merupakan sosok pemimpin yang sudah punya pengalaman di pemerintahan karena sempat menjabat sebagai Bupati Puncak sebanyak dua periode, dan juga merupakan salah satu dari Tim Kajian Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua.

"Artinya, sudah tidak diragukan lagi dari sisi kapabilitasnya untuk memimpin Papua Tengah, apalagi didampingi oleh Aloysius Giyai yang dikenal punya kinerja sangat baik dalam mengelola kesehatan di Papua sehingga dikenal sebagai Bapak Kesehatan Papua," ujarnya.

Sebelumnya, pasangan Willem Wandik-Aloysius Giyai unggul di sejumlah jajak pendapat lembaga survei.

Survei Timor Barat Research Center (TBRC) menempatkan pasangan ini di urutan pertama dengan tingkat elektabilitas 62,7 persen, jauh mengungguli pasangan lain. Selain itu, Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei dengan hasil Willem Wandik unggul sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Papua Tengah 2024.

Dengan SK dari PKB tersebut, pasangan Willem-Aloysius telah didukung oleh dua partai politik, yakni PKB dan Partai Garuda.

Baca juga: PKB bangun Akademi Politik Kebangsaan jelang Muktamar VI di Bali
Baca juga: Gus Adung siap melawan Cak Imin untuk rebut kursi Ketum PKB

Pewarta: Rio Feisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024