Kompetisi ini akan melibatkan para juri dari praktisi IT, baik di dunia kerja maupun dunia akademik, yang dapat memberi pandangan mutakhir terkait perkembangan IT terkini
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menggelar kompetisi Zakathon 2024, yang merupakan kompetisi inovasi teknologi informasi (IT) di bidang pengelolaan zakat.

Dalam kompetisi tersebut, para peserta yang terdiri atas tiga orang dari setiap tim akan berlomba dalam menciptakan inovasi teknologi sebagai solusi berbagai problematika pengelolaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS)

Baca juga: Baznas RI paparkan strategi penguatan ekosistem zakat di Indonesia

"Kompetisi ini akan melibatkan para juri dari praktisi IT, baik di dunia kerja maupun dunia akademik, yang dapat memberi pandangan mutakhir terkait perkembangan IT terkini," kata Pimpinan Baznas RI Bidang Transformasi Digital Nasional Nadratuzzaman Hosen melalui keterangan di Jakarta, Jumat.

Nadra menjelaskan, kompetisi ini dapat diikuti oleh para mahasiswa untuk menghasilkan produk, layanan, atau terobosan lain, yang ke depannya dapat mendukung perkembangan aktivitas dan dampak dari ZIS.

"Tujuannya yaitu memperkenalkan masyarakat mengenai perkembangan IT yang sedang berlangsung di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, Nadra menambahkan Zakathon 2024 bertujuan untuk menjaring talenta muda IT untuk berinovasi dalam pengelolaan zakat, serta mampu memaparkan secara luas berbagai kemajuan teknologi dalam pengelolaan zakat.

Baca juga: UIN Palu sebut beasiswa Baznas ringankan beban mahasiswa

Melalui kegiatan ini, ia berharap, para peserta mampu mengembangkan solusi teknologi yang dapat meningkatkan pengelolaan zakat, yang meliputi pengumpulan zakat, pendistribusian zakat, pemberdayaan masyarakat, perencanaan program pendistribusian dan pendayagunaan, serta monitoring dan laporan pengelolaan zakat.

"Tentunya kegiatan ini untuk memberikan kesempatan kepada peserta terbaik untuk mempresentasikan karya inovasinya kepada khalayak luas," ucap Nadra.

Untuk diketahui, pendaftaran telah dibuka mulai tanggal 12 - 29 Agustus 2024 melalui tautan http://baznas.go.id/daftar-zakathon.

Adapun tema utama Zakathon 2024 adalah "Memaksimalkan Peran Zakat, Infak, Sedekah, dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (ZIS-DSKL) dalam Upaya Mencapai Sustainable Development Goals (SDGs)".

Baca juga: Baznas jadikan Program ZChicken dan ZMart upaya pemberdayaan mustahik

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024