Dukungan pemerintah terhadap seni pertunjukan, termasuk pentas musikal, dapat memacu lahirnya generasi muda bangsa yang kreatif dan memiliki jiwa budaya
Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek memperkuat ekosistem seni pertunjukan dengan mendukung gelaran Festival Musikal Indonesia 2024 yang dijadwalkan berlangsung di Ciputra Artpreneur, Jakarta, 18-20 Oktober 2024.
 
Dalam rilis yang disiarkan oleh pihaknya di Jakarta, Kamis, dukungan itu menjadi salah satu wujud komitmen dan konsistensi pemerintah dalam membangun ekosistem seni pertunjukan di Indonesia sebagai bagian dari sisi pemajuan kebudayaan.
 
Direktur Perfilman, Musik, dan Media Ahmad Mahendra menuturkan dukungan pemerintah terhadap seni pertunjukan, termasuk pentas musikal, dapat memacu lahirnya generasi muda bangsa yang kreatif dan memiliki jiwa budaya.
 
“Direktorat Perfilman, Musik, dan Media menyambut baik terlaksananya Festival Musikal Indonesia di tahun 2024 sebab festival itu tidak hanya mementingkan pentas, tetapi juga penonton, seniman baru, serta para pemangku kepentingan yang ada di dalamnya. Tak hanya itu, kami juga berharap festival ini dapat menjadi respons minat anak muda terhadap seni musikal, yang secara langsung akan merangsang industri musik di Indonesia,” ujar Mahendra.

Baca juga: Festival Musikal Indonesia 2023 di Jakarta usung tema legenda urban
Baca juga: Festival Musikal Indonesia diharapkan jadi wadah kebaruan seni budaya
 
Ia menambahkan dalam membangun dan merawat ekosistem seni pertunjukan nasional memang sudah seharusnya memerlukan gotong-royong dan kolaborasi dengan pegiat maupun komunitas-komunitas yang ada di Indonesia.
 
Sementara itu pada kesempatan yang sama, Josh Marcy sebagai salah satu Kurator Festival Musikal Indonesia 2024 menjelaskan, untuk pergelaran tahun ini mengalami penambahan jumlah grup musikal yang mendaftar.
 
“Sebanyak 76 grup musik dari seluruh Indonesia diketahui ikut mendaftar,” ujar Josh.
 
Ia juga memaparkan mengenai desain pentas yang akan menyediakan dua panggung sebagai respon perkembangan musikal saat ini dengan keanekaragaman eksplorasi bentuk kreatif. Kedua panggung tersebut adalah panggung karya dan gala.
 
“Kedua panggung itu akan menjadi program pertunjukan pilihan yang menawarkan keragaman tontonan di Festival Musikal Indonesisa 2024. Masyarakat akan ditunjukkan tentang potensi pertumbuhan pertunjukan musikal tanah air saat ini,” imbuhnya.
 
Adapun sebagai informasi, Festival Musikal Indonesia 2024 merupakan perhelatan ketiga kalinya dilaksanakan dan pada tahun ini sebanyak sembilan grup musikal hasil kurasi ikut terlibat.
 
Festival Musikal Indonesia 2024 beranggotakan lima kurator yang bertugas untuk memilih grup serta menyusun rangkaian acara, yaitu Nala Amrytha, Nuya Susantono, Josh Marcy, Bhatara Saverigadi, dan Chriskevin Adefrid

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024