Untuk itu, investasi dalam pendidikan, inovasi, dan pemanfaatan kemajuan teknologi serta penguatan jati diri bangsa adalah kunci dalam menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan sebuah negara bisa dikatakan maju bukan hanya karena memiliki kekayaan alam yang melimpah saja, tetapi juga memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan dukungan teknologi yang canggih.

"Untuk itu, investasi dalam pendidikan, inovasi, dan pemanfaatan kemajuan teknologi serta penguatan jati diri bangsa adalah kunci dalam menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul demi mewujudkan Indonesia Maju," kata Wapres dalam sambutannya dalam acara Penganugerahan Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) XX Tahun 2024 dipantau secara daring di Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut, kata Wapres, demi mewujudkan Indonesia Maju, kolaborasi antara dunia usaha, media, pemerintah, dan akademisi juga harus diperkuat untuk menciptakan ekosistem yang mendukung inovasi teknologi dan pengembangan SDM.

"Sinergi ini akan mempercepat kemajuan bangsa dan memastikan daya saing Indonesia di kancah global," ucap Wapres.

Baca juga: Waka MPR: Deteksi dini TB bagian dari peningkatan kualitas SDM

Ia juga meminta agar semangat kebhinnekaan dalam setiap langkah pembangunan terus dijaga dan dikembangkan.

"Indonesia adalah negara dengan keberagaman yang mampu mempersatukan perbedaan menjadi kekuatan kolektif untuk mewujudkan bangsa yang maju," tuturnya.

Selanjutnya, Wapres juga mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap pendidikan dan pembangunan karakter bangsa.

"Generasi muda adalah harapan kita. Pastikan mereka mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter agar kelak mereka dapat memimpin bangsa ini menuju Indonesia Emas 2045," ucap Wapres.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024