London (ANTARA News) - Animo masyarakat Indonesia di Belanda mengikuti pemungutan suara di TPS tahun 2014 mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat dibandingkan empat tahun lalu.

Tercatat sebanyak 1092 masyarakat Indonesia yang ada di Belanda menyalurkan aspirasi politiknya dalam kegiatan pemungutan suara secara langsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Den Haag, Sabtu. 

Sekretaris Pertama KBRI Denhaag, Danang Waskito kepada Antara, Minggu mengatakan dibandingkan penyelenggaraan pemugutan suara di TPS Den Haag tahun 2009, animo masyarakat Indonesia di Belanda pada pemungutan suara di TPS tahun 2014 mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat. 

Dikatakannya pemungutan suara dimulai tepat pada jam 10:00 dan diakhiri pada jam 17:00 waktu setempat pemilih antusias mengikuti kegiatan pendafataran, mencoblos di bilik suara, memasukkan kertas suara di kotak suara dan mencelupkan salah satu jarinya pada tinta pemilu, sebagai tanda telah memberikan suara di TPS Den Haag.

Penghitungan suara hasil TPS (pemungutan suara langsung) akan dilaksanakan pada tanggal 9 April mendatang di KBRI Den Haag, sementara penghitungan suara dari pos akan berlangsung pada tanggal 15 April. (ZG)

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014