Paser, Kaltim (ANTARA) -
Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-121 Kodim 0904/Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, berhasil menuntaskan pekerjaan fisik sebanyak 17 item yang tujuannya untuk membantu kesulitan rakyat.
 
"Meskipun kegiatan TMMD telah berakhir hari ini, namun saya berharap apa yang telah dibangun selama program TMMD bisa terus dilaksanakan oleh prajurit dalam membantu masyarakat," ujar Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Anggara Sitompul saat menutup TMMD Ke-121 di Paser, Kamis.
 
Penutupan dilakukan di lokasi sasaran TMMD, yakni Desa Sungai Terik, Kecamatan Batu Sopang, Paser dihadiri sejumlah pihak terkait baik dari Pemkab Paser, kecamatan, pemerintah desa, maupun masyarakat.

Baca juga: Kodim 1801 rampungkan seluruh kegiatan TMMD di Kampung Kwau
 
Adapun 17 kegiatan fisik tersebut adalah pembukaan badan jalan sepanjang 5.900 meter, pemasangan gorong-gorong sebanyak tiga titik, pembuatan jembatan ulin satu unit, pembangunan rumah layak huni dua unit untuk warga tidak mampu.
 
Kemudian pembuatan sumur bor 12 unit karena warga setempat masih kekurangan sumber air baku, pembuatan sayap jembatan ukuran 6x4 meter, pembuatan pos kamling dua unit, pembuatan slap culvert dua unit, pembuatan MCK sembilan unit.
 
Berikutnya rehabilitasi rumah tidak layak huni menjadi layak huni sebanyak 12 unit, rehabilitasi masjid dan langgar tiga unit, rehabilitasi MCK sembilan unit, semenisasi jalan sepanjang 1.057 meter.

Baca juga: TMMD Kodim 0409 Rejang Lebong bangun fasilitas pendukung masyarakat
 
Selanjutnya penanaman bibit pohon sebanyak 2.400 batang, pembersihan fasilitas umum di satu lokasi, pembersihan sungai di dua lokasi, dan pembukaan lahan untuk ketahanan pangan seluas 87 hektare agar Paser ke depan bisa memproduksi bahan pangan lebih banyak untuk menyuplai kebutuhan di Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
Selain kegiatan fisik, dalam TMMD ini juga melaksanakan kegiatan non-fisik berupa sosialisasi maupun memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bela negara, bahaya terorisme dan radikalisme, rekrutmen TNI, wawasan kebangsaan, kamtibmas, kerukunan umat beragama.
 
Kemudian sosialisasi tentang hukum, bahaya narkoba, pelayanan kesehatan, tangguh bencana, sosialisasi mengenai ilmu tentang perikanan/peternakan, pertanian/perkebunan, lingkungan hidup dan kehutanan, KB Kesehatan, sosialisasi penyakit tidak menular, serta penanganan dan pencegahan stunting.

Baca juga: TMMD ke-121 buka jalan penghubung perbatasan dua kabupaten di Kalsel
 
"Seluruh sasaran dalam kegiatan TMMD telah terlaksana dengan baik dan terealisasi 100 persen. Saya berharap apa yang telah dibangun ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, kemudian selalu dirawat agar bisa difungsikan dalam waktu lama," kata Danrem Anggara.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024