Jakarta (ANTARA) - Ekonomi digital terus bertumbuh dan diandalkan jutaan pelaku UMKM di Indonesia untuk berdagang dalam keseharian mereka.

Riset dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), lembaga penelitian yang fokus pada bidang ekonomi dan keuangan mengungkapkan temuannya soal multiplier efect (efek pengganda) ekonomi digital di Indonesia.

INDEF menyebut, ekonomi digital, terutama platform e-Commerce telah membuka ruang sebesar-besarnya bagi pelaku UMKM. Ada yang memulai menjadi wirausaha baru, bahkan sampai ada yang mengembangkan usahanya tumbuh lebih besar lagi.

“Secara keseluruhan, pengaruh digitalisasi untuk pelaku UMKM yang beralih dari usaha offline ke bisnis online (UMKM kategori ofline-online) memiliki pengaruh yang positif. Pengaruh positif ini ditandai oleh semakin bertambahnya jumlah tenaga kerja dan jumlah omzet rata-rata tahunan,” kata peneliti di Center of Digital Economy and SMEs INDEF, Izzudin Farras dalam laporannya bertajuk "Peran Platform Digital terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia", pada Kamis.

Baca juga: Shopee perkuat dukungan bagi UMKM dan produk lokal pada HUT ke-79 RI

Baca juga: Saff & Co manfaatkan platform streaming untuk optimalkan pemasaran


Hasil riset lembaga itu menggambarkan; sebanyak 24,2 persen pelaku UMKM kategori mengalami penambahan jumlah tenaga kerja setelah berjalan dari online ke online. Jika dikerucutkan lagi, dari jumlah 24 persen tersebut, sebanyak 71,43 persen penjual mengaku menambah tenaga kerjanya sebanyak dua orang.

Sementara ketika ditanyakan mengenai ketika kenaikan omzet, sebanyak 88,37 persen responden atau pelaku usaha mengalami perubahan signifikan.

Tak heran, jika ada proyeksi yang menilai bahwa ekonomi digital Indonesia akan terus meningkat hingga mencapai 109 miliar dolar pada 2025, seperti dipublikasikan eConomy SEA 2023.

Jika dikerucutkan lagi, sebanyak 66,28 persen diantaranya mengalami kenaikan omzet rata-rata tahunan hingga 50 persen setelah menggunakan platform online untuk usahanya, sambung Izzudin.

Hasil riset INDEF juga menemukan bahwa 50 persen dari total responden yang merupakan pelaku UMKM, memilih platform Shopee sebagai media utama untuk berjualan online dalam satu tahun terakhir. Shopee sebagai aplikasi digital yang paling banyak digunakan oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Lebih jauh para pelaku usaha menyebut, penggunaan e-commerce lebih praktis serta membantu mereka mendapatkan paparan dan jangkauan pasar yang lebih luas. Hal ini memungkinkan proses pertumbuhan bisnis berjalan lebih cepat.

Namun yang menjadi catatan INDEF bagi seluruh pemain e-Commerce, meskipun terjadi pertumbuhan, keterampilan digital tetap menjadi tantangan bagi para pelaku UMKM.

“Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM untuk menghadapi persaingan bisnis adalah dengan mengikuti program edukasi atau pelatihan UMKM yang diadakan oleh berbagai platform e-commerce,” ujarnya.

Keterampilan digital tak semata-mata menjadi ‘PR’ pemerintah saja. Pemain e-commerce pun turut terlibat aktif membantu pelaku UMKM mengoptimalkan penggunaan platform digital. Pemerintah pun dalam berbagai kesempatan menggandeng pemain e-commerce memberi pelatihan.

Ada sederet program pelatihan yang diinisiasi perusahaan e-commerce salah satunya Shopee, yang bertujuan mengasah kemahiran UMKM membangun bisnis secara digital.

Riset yang sama menunjukkan, bahwa program pelatihan UMKM yang diadakan oleh Shopee menjadi program yang paling banyak diketahui oleh UMKM. Beberapa program pelatihan yang dijalankan Shopee, antara lain Kampus UMKM Shopee dan Program Ekspor Shopee.

Program ini menyediakan kurikulum bagi pelaku UMKM untuk dapat bersaing di ekosistem ekonomi digital sekaligus naik kelas, bahkan mampu menjangkau pasar global melalui program ekspor.

Efektivitas program pelatihan keterampilan dari perusahaan e-commerce diamini Pelaku UMKM, Ahmad Rifqi.

Ia mengungkapkan pelatihan tersebut menjadi fondasi penting dalam keberhasilannya membangun toko online bernama ‘Flower City’.

Program Kampus UMKM Ekspor Shopee dirasa Ahmad sangat membantunya belajar berbisnis online secara otodidak. Pria yang sebelumnya bekerja sebagai pengemudi angkutan kota ini bersyukur bisa merintis karir sebagai pengusaha muda. Menurut dia, Kampus UMKM Shopee berhasil membuatnya fasih dan mahir dalam memanfaatkan tur- tur Shopee untuk meningkatkan penjualan.

“Mulai dari cara buat nama produk yang menarik, foto produk sampai cara memanfaatkan promo-promo pas tanggal kembar dan flash sale. Itu semua diajarkan di Kampus UMKM Shopee dan saya terapkan,” tutur Ahmad.

Selain Kampus UMKM Shopee, media pembelajaran Shopee lainnya seperti Shopee Ekspor juga dimanfaatkan dengan baik oleh pemilik Dinova Store, Sri Wigatiningsih. Merintis usaha dari Dusun Panggung Ploso, Tulungagung, Jawa Timur, Sri sukses membuat aksesori perempuan hingga menembus pasar ekspor ke Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Filipina.

Cerita sukses para pelaku UMKM di atas menjadi gambaran kehadiran e-commerce seperti Shopee tidak hanya menyediakan platform berjualan dan belanja online.

Lebih jauh, Shopee menjalankan peran sebagai katalis dalam pertumbuhan ekonomi digital lewat ekosistem bisnis lokal yang kuat dan berkelanjutan di seluruh Indonesia.

Baca juga: Shopee dukung UMKM dan jenama lokal perluas jangkauan

Baca juga: Manfaatkan Shopee Live, Dushishoes dulang pesanan hingga 16 kali lipat

Baca juga: UMKM bisa tingkatkan penjualan berkat fitur-fitur Shopee



Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024