Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Menhan Turki Yaşar Güler di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI, Jakarta, Kamis.

Prabowo dan Güler berbincang-bincang selama kurang lebih satu jam membahas isu mengenai pertahanan dan keamanan, serta menjajaki peluang untuk memperluas kerja sama sektor lain di luar pertahanan.

Baca juga: Prabowo cek pesawat tempur nirawak Turki di Bayraktar Istanbul

Walaupun demikian, Kemenhan RI dan Kementerian Pertahanan Turki tidak menjelaskan lebih detail hasil pertemuan antara Prabowo dan Güler yang berlangsung tertutup itu.

Güler melawat ke Indonesia setelah lebih dulu menyambangi Malaysia untuk bertemu para pejabat bidang pertahanan di negara itu. Menhan Turki itu tiba di Jakarta, Rabu (21/8), dan kedatangannya di Jakarta disambut oleh Plt. Sekretaris Jenderal Kemhan RI Donny Ermawan Taufanto.

Di pelataran Kantor Kemenhan RI, kedatangan Güler, yang didampingi jajaran pejabat militer dan pertahanan Turki, Kamis, disambut oleh Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra dan upacara jajar pasukan. Keduanya juga sempat memeriksa kesiapan pasukan, dan memberi penghormatan kepada bendera nasional masing-masing negara.

Kemudian, Wamenhan RI lanjut mengantarkan Menhan Turki untuk masuk ke ruangan di gedung utama Kemenhan, yang di ujung ruangan ada Menhan Prabowo menanti tamunya.
Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra (kiri) memeriksa pasukan bersama Menteri Pertahanan Turki Yaşar Güler (kanan) berjalan pada upacara jajar pasukan di pelataran Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Kamis (22/8/2024). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.


Kemudian, selepas melihat tamunya itu, Prabowo pun mengajak Guler ke ruang kerjanya yang juga ada di gedung utama Kemenhan RI .

Keduanya pun berbincang selama hampir sejam, dan kemudian saat tamunya itu hendak pulang, Prabowo mengantarkan Güler ke kendaraannya yang menunggu tepat di pelataran belakang gedung utama Kemenhan.

Indonesia saat ini membidik beberapa alutsista buatan Turki, di antaranya pesawar nirawak (drone) dan rudal Atmaca. Walaupun demikian, Kemenhan RI sejauh ini belum mengumumkan pembelian alutsista tersebut.

Prabowo pada bulan lalu melawat ke Ankara, Turki, dan bertemu Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan, Menhan Turki, dan Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan. Dia juga sempat berkunjung ke Istanbul dan melihat langsung beberapa pesawat tempur nirawak (combat drone) buatan Baykar Turki di Pusat Teknologi Nasional Özdemir Bayraktar.

Baca juga: Erdogan sebut RI-Turki kian intens terutama di militer dan pertahanan
Baca juga: Menhan ingatkan mahasiswa RI di Turki jaga optimisme dan rasa bangga

Baca juga: Indonesia dan Turki bahas peluang peningkatan kerja sama bilateral
 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024