Setelah 3 program studi terakreditasi unggul, kita mengusahakan dua program studi lainnya yakni Teknik Mesin Kilang dan Logistik Migas
Jakarta (ANTARA) - Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas menambah ​​​​​​dua program studi terakreditasi unggul yakni Teknik Instrumentasi Kilang dan Teknik Pengolahan Minyak dan Gas.

Direktur PEM Akamigas Erdila Indriani dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan kedua program tersebut menambah program studi dengan predikat akreditasi unggul menjadi tiga setelah Teknik Produksi Minyak dan Gas yang lebih dulu memperoleh akreditasi serupa pada 21 Desember 2023.

Akreditasi unggul tersebut tercantum dalam Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan (LAM Teknik) Nomor 0430/SK/LAM Teknik/VST/VIII/2024 dan Nomor 0431/SK/LAM Teknik/VST/VIII/2024 tertanggal 21 Agustus 2024.

"Setelah tiga program studi terakreditasi unggul, kita akan mengusahakan dua program studi lainnya yakni Teknik Mesin Kilang dan Logistik Migas untuk segera mendapatkan akreditasi unggul LAM Teknik atau terakreditasi internasional. Namun, terakreditasi unggul sebetulnya bukan tujuan akhir, yang penting adalah memastikan proses kegiatan pendidikan berdasarkan kriteria unggul tersebut," ujar Erdila.

Erdila melanjutkan upaya PEM Akamigas tersebut merupakan implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 Tahun 2023, yang memastikan bahwa pendidikan tinggi memiliki potensi dampak secara cepat dalam membangun sumber daya manusia (SDM) unggul dan bisa beradaptasi, sehingga mampu bersaing di tingkat global.

Baca juga: Politeknik Akamigas gelar prosesi wisuda angkatan ke-53

Baca juga: Kepala BPSDM ESDM tekankan pentingnya kemampuan berinovasi


"PEM Akamigas memastikan capaian pembelajaran lulusan disusun oleh unit pengelola program studi dengan melibatkan pemangku kepentingan dan/atau dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja, sehingga kompetensi lulusannya sesuai kebutuhan pasar kerja," jelasnya.

Erdila juga menjelaskan selain kuliah, ada program wajib magang industri selama enam bulan, program tambahan General English, dan Microsoft Office serta persiapan pembentukan LSP untuk memastikan quality control lulusan bisa terukur.

"Sebagai sentuhan akhir, tetapi yang terpenting adalah mahasiswa PEM Akamigas dibekali sistem pendidikan karakter, yang melekat di kehidupan asrama, sehingga memastikan lulusan kami unggul dalam arti sebenarnya," sebutnya.

Sementara itu, Ketua Sistem Penjaminan Mutu PEM Akamigas Arya Dwi Candra menambahkan proses pengawalan dua program studi tersebut hingga menjadi akreditasi unggul memakan waktu cukup lama.

"Mulai dari pembentukan tim penyusun akreditasi, mempersiapkan data dukung akreditasi secara digital, hingga pengerjaan laporan evaluasi diri (LED) dan laporan kinerja program studi (LKPS). Kedua prodi ini sudah mulai dipersiapkan proses akreditasinya sejak Desember 2023 lalu," jelas Arya.

Baca juga: Mahasiswa program Gerilya jadi lulusan terbaik PEM Akamigas

Baca juga: PEM Akamigas Cepu siap jadi politeknik kelas dunia

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024