Jakarta (ANTARA) - Sebanyak enam pegolf Indonesia berhasil lolos cut off BNI Ciputra Golfpreneur 2024 setelah tampil pada hari kedua turnamen golf di Damai Indah BSD Course, Tangerang Selatan, Banten, Kamis.

Keenam pegolf tersebut adalah Jonathan Wijono, Peter Gunawan, Kevin Caesario Akbar, Jamel Ondo, Jonathan Xavier Hartono, dan William Wijaya. Dengan demikian Indonesia memiliki lebih banyak perwakilan pada dua putaran final lebih banyak ketimbang edisi 2023.

Jonathan Wijono menduduki posisi terbaik setelah pada putaran kedua mampu mencatatkan skor 3 under 69. Sepanjang 18 hole keduanya itu, kesabaran pegolf yang akrab disapa Jowi itu benar-benar diuji. Sebab setelah memulai permainan dari hole kesepuluh, ia baru mampu mengukir birdie pertamanya di hole ke-18.

Momentum itu sempat terhenti setelah ia mencatatkan bogey pada hole kedua. Namun tiga birdie beruntun dari hole keempat membuat Jowi bertahan di papan atas klasemen sementara, yakni peringkat T8 dengan skor 7 under 137.

“Bermain di sini memang harus sabar, apalagi kondisi tahun ini lapangannya lebih keras dan posisi pin-nya tidak mendukung untuk lebih diserang, jadi harus lebih sabar saja,” kata Jowi seperti dikutip dari pernyataan tertulis yang diterima pewarta.

“Saya harus bisa menerima, kalau memang belum birdie, ya berarti belum waktunya. Jadi harus tetap bermain dan berharap pada satu titik bisa mendapat birdie. Jadi birdie di hole ke-18 itu benar-benar menjadi momentum booster,” tambahnya.

Ia menyebut birdie di hole kelima par empat sebagai birdie terbaiknya pada hari ini. Pukulan tee off-nya menyisakan jarak 85 meter ke lubang.

“Setelah itu pukulan kedua saya sisa sejengkal dan memudahkan untuk membuat birdie,” ucap Jowi.

Baca juga: Tiga pegolf pimpin klasemen sementara BNI Ciputra Golfpreneuer 2024

Sedangkan dua pegolf profesional Indonesia lainnya, Peter dan Kevin, juga memastikan tampil di putaran selanjutnya. Peter mencatatkan skor 68 pada Kamis dan berada di posisi T35 dengan skor total 142, sedangkan Kevin mencatatkan skor 70 untuk berada di posisi T46 dengan skor total 143.

Jamel Ondo melengkapi kuartet pegolf profesional Indonesia yang melangkah ke putaran selanjutnya setelah bermain par 72. Ia menghuni posisi T46 bersama Kevin dan William dengan 1 under 143.

Sebanyak dua pegolf amatir, Jonathan Xavier Hartono dan William Wijaya juga berhasil lolos cut off. Jonathan Xavier menorehkan skor 5 under 139 setelah mencatatkan lima birdie dan dua bogey, sedangkan William mengukir skor 71.

Sementara itu Vanchai Luangnitikul dan Matthew Cheung berbagi posisi teratas di klasemen sementara. Vanchai mengemas skor 7 under 65 berkat enam birdie, satu eagle, dan satu bogey. Tidak lama kemudian Matthew menyusul Vanchai di posisi teratas mendapatkan tiga birdie dan satu eagle.

Baik Vanchai maupun Matthew berhak menduduki posisi puncak klasemen, sebab keduanya mengoleksi 11 under 133.

Baca juga: BNI kembali gelar turnamen golf diikuti pegolf profesional Asia
Baca juga: PB PGI ingin tertibkan klub-klub golf sesuai AD/ART terkini


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024