"Ada mandat dari rekom ini yakni menang. Kalau menang, artinya harus ada konsolidasi. Calon ini konsolidasinya kudu apik, karena ke depan ini masalahnya sudah banyak,"
Surabaya (ANTARA) - PDI Perjuangan memberikan rekomendasi kepada 10 pasangan bakal calon kepala daerah di Jawa Timur untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Rekomendasi diserahkan langsung oleh Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Budi Sulistyono alias Kanang di Aula Megawati Soekarnoputri DPD setempat, Surabaya, Kamis.

10 daerah tersebut yakni Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Kediri, Trenggalek, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Nganjuk, Tuban, Bangkalan, dan Sampang.

"Ada mandat dari rekom ini yakni menang. Kalau menang, artinya harus ada konsolidasi. Calon ini konsolidasinya kudu apik, karena ke depan ini masalahnya sudah banyak," ucap Kanang.

Kanang meminta pasangan bakal calon kepala daerah yang direkom PDIP ini menang mutlak di setiap daerahnya. Karena, rekom kali ini adalah keputusan sakral langsung dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Saya yakini, ketika itu calon tunggal, maka itulah gambaran rakyat yang sesungguhnya. Kalau toh ada lebih dari satu maka itu membuat starategi-strategi yang berbeda," ujar Kanang.

Kedua, kata dia, bagaimana sepasang calon ini selamat terhantar sampai 5 tahun ke depan, dengan visi misi yang diemban tadi, yang dia bikin, sehingga tidak mencederai demokrasi, tidak mencederai rakyat, Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) dan UU yang lain.

"Kalau ini selamat insyaallah itu lah pembangunan legacy yang sebenarnya," ujarnya.

Adapun tang menerima rekomendasi adalah Bacabup-Bacawabup Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Mujiono, Bacabup-Bacawabup Lumajang Indah Amperawati dan Yudha Adji Kusuma, Bacabup-Bacawabup Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa, Bacabup Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Sa'dulloh Syarofi.

Selanjutnya Bacabup Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan Syah Muhammad Natanegara, Bacawali-Bacawawali Mojokerto Ika Puspitasari dan Rachman Sidharta Arisan, Bacabup-Bacawabup Nganjuk Marhaen Djumadi dan Trihady Cahyo Saputro, Bacabup-Bacawabup Tuban Aditya Halindra Faridzky dan Joko Sarwono, Bacabup-Bacawabup Bangkalan Lukman Hakim dan Fauzan Ja'far, dan Bacabup-Bacawabup Sampang KH MUhammad Bin Muafi dan Abdullah Hidayat.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024