Medan (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di wilayah ini untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung pada 8-20 September 2024.

"Kami mendukung pelaksanaan PON Aceh-Sumut, dengan strategis PLN dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan," ujar Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan Utara Edy Saputra di Medan, Kamis.

Edy mengatakan kehadiran SPKLU ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik, tanpa khawatir apabila kehabisan daya saat digunakan sekaligus mendukung pelaksanaan.

Lebih lanjut, dia mengatakan, PLN berkomitmen dalam mendukung terciptanya ekosistem kendaraan listrik yang berkelanjutan di wilayah beribu Kota Medan ini.

Kepala Sub Bagian Kawasan Olahraga Provinsi Sumatera Utara Rino Hadi Soebakti mengatakan, dengan adanya penambahan SPKLU di Medan merupakan bagian dari menyukseskan ajang nasional ini.

“Terima kasih kepada PLN yang telah berkontribusi penuh dalam menyukseskan PON XXI Aceh – Sumut. Peresmian SPKLU ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan udara yang bersih, saat masyarakat sedang berolahraga,” kata dia.

Peresmian ini dilaksanakan secara simbolis di SPKLU PLN ULP Medan Timur yang terletak di Jalan Durung, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, Rabu (21/8).

Untuk menyukseskan PON ini, PLN Sumut juga telah menyiapkan skema pengamanan berlapis dan mempersiapkan Uninterruptible Power Supply (UPS) sebanyak 34 unit, Unit Gardu Bergerak (UGB) sebanyak 17 unit dan Genset sebanyak 33 unit.

Tidak hanya itu, PLN juga akan menyiagakan personel gabungan sebanyak 546 petugas yang akan siap siaga menjaga pasokan listrik PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Kondisi kelistrikan Sumut saat ini dalam kondisi normal atau aman. Dengan Daya Mampu Pasok (DMP) sebesar 2.300 megawatt (MW), proyeksi beban puncak sebesar 2.165 MW dan cadangan daya sebesar 454 MW.

PON XXI 2024 akan dilaksanakan di Aceh dan Sumut pada 8-20 September 2024. Pelaksanaan di Sumut melibatkan sekitar 6.281 orang, dengan dukungan dari 3.140 orang ofisial sementara di Aceh akan ada 5.636 atlet dan 2.752 ofisial.

Pesta olahraga multi cabang nasional ke-21 itu nantinya akan dibuka secara resmi di Aceh dan ditutup di Sumut.

Baca juga: PLN Sumut memastikan kelistrikan tetap andal selama PON 2024
Baca juga: PLN Sumut tambah SPKLU demi akselerasi infrastruktur kendaraan listrik

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024