pengalihan arus lalu lintas diberlakukan pada sejumlah ruas jalan di sepanjang rute yang dilalui festival.
Semarang (ANTARA) - Arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Semarang akan dialihkan seiring dengan penyelenggaraan "Semarang Merdeka Flower Festival 2024" pada Sabtu (24/8) mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Damang Kurniawan, di Semarang, Kamis, mengatakan pengalihan arus lalu lintas diberlakukan pada sejumlah ruas jalan di sepanjang rute yang dilalui festival.

Pengalihan arus lalu lintas akan dimulai pada Sabtu (24/8) pukul 12.00 WIB, di titik-titik jalan menuju lokasi start festival di Balai Kota Semarang di Jalan Pemuda Kota Semarang.

Ruas Jalan Pemuda dari Simpang Paragon akan dialihkan memutar menuju Jalan MH Thamrin, sedangkan arus lalu lintas dadi Jalan Depok juga dialihkan menuju Jalan MH Thamrin.

Pengalihan arus lalu lintas, kata dia, juga akan dilakukan di Jalan Pekunden sehubungan dengan penutupan Jembatan Rusunawa.

Untuk kendaraan yang melintas di Simpang Kyai Saleh (Eka Karya), lanjut dia, pengalihan arus akan dilakukan mulai dari persimpangan Gedung Golkar, kemudian Jalan MH Thamrin akan dialihkan di Simpang Fatimah Zahra menuju Kampung Kali untuk mengurai kepadatan arus.

Selain itu, pengalihan arus akan dilakukan di Jalan Pahlawan, mulai bundaran air mancur sehingga kendaraan tidak melintasi area festival, sedangkan kendaraan yang datang dari Jalan Ahmad Yani akan dialihkan ke Jalan Erlangga Timur.

"Kami mengimbau warga masyarakat yang akan menikmati 'Semarang Merdeka Flower Festival' untuk dapat memarkirkan kendaraan mereka di kantong parkir yang telah kami sediakan secara tertib dan rapi," katanya.

Pemerintah Kota Semarang, kata dia, telah menyiapkan beberapa lokasi parkir alternatif yang nyaman untuk memastikan kendaraan tidak menghalangi jalur festival dan tetap berada dalam jangkauan yang aman, antara lain di DP Mall, SMA 3, SMA 5, dan Mal Paragon.

Bagi warga yang akan melintasi area festival, disarankan untuk menggunakan jalur alternatif sesuai dengan rute pengalihan yang telah diatur oleh Dinas Perhubungan Kota Semarang.

"Masyarakat kami harapkan untuk mengikuti arahan petugas di lapangan demi kelancaran bersama," tutup Danang.

Penyelenggaraan "Semarang Merdeka Flower Festival" sebagai salah satu rangkaian perayaan HUT ke-79 RI digadang-gadang mampu menjadi magnet wisatawan.

Parade bunga tersebut menampilkan beragam jenis bunga lokal dan nasional, serta mobil hias menarik yang akan menempuh rute sepanjang 2,8 kilometer.

Kontestan karnaval memulai parade dari Balai Kota di Jalan Pemuda, melewati Jalan Pandanaran dan berakhir di Lapangan Simpang Lima.

Parade bunga tersebut akan diikuti oleh Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, beserta jajarannya yang juga akan mengayuh sepeda berhias bunga bersama berbagai instansi pemerintah, sekolah, komunitas, hingga perusahaan swasta yang akan bersaing untuk menampilkan dekorasi terbaik.

Selain Semarang Merdeka Flower Festival, masyarakat juga akan dihibur dengan berbagai even menarik lainnya dalam rangka resepsi HUT ke-79 Republik Indonesia, seperti hiburan musik dengan artis-artis nasional, Dike Sabrina, Pandora band pada 24 dan 25 Agustus, chef competition, dan barista competition pada 25 Agustus 2024.

Baca juga: Lalu lintas di Jalan Kaligawe Semarang arah Pantura lancar
Baca juga: Jalur Pantura Semarang-Jakarta ramai lancar selama "one way" jalan tol

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024