Balikpapan (ANTARA) -
Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) menyiapkan transportasi udara berupa helikopter untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat mendistribusikan logistik pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 ke sejumlah wilayah di daerah yang dikenal Benua Etam itu.
 
"Polda siapkan helikopter dan juga ditambah dukungan pemerintah provinsi, untuk distribusi logistik pilkada lewat jalur udara," jelas Kepala Polda (Kapolda) Kaltim Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Nanang Avianto di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis.
 
Di sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Kaltim, lanjut dia, kepolisian daerah sudah menganalisa dan mengevaluasi dari penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2024.
 
Seperti di daerah Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, ia menimpali lagi, perlu pengamanan lebih menyangkut distribusi logistik dan faktor cuaca juga harus diperhitungkan.
 
Kebutuhan personel keamanan yang terlibat dalam.distribusi logistik serta pelaksanaan Pilkada 2024, penting untuk diperhitungkan dengan matang.
 
Secara keseluruhan, menurut dia, Polda Kaltim mengerahkan sebanyak dua per tiga kekuatan untuk mengamankan dan mengawal pemilihan kepala daerah serentak 2024.
 
"Kami sudah adakan rapat koordinasi lintas sektoral jelang pilkada untuk tingkat provinsi, kabupaten dan kota," tambahnya.
 
"Melalui koordinasi, kami berkonsolidasi dan menyamakan persepsi untuk hadapi pelaksanaan pilkada," ujar Kapolda.
 
Polda Kaltim menjalin komunikasi dengan semua pihak, dari Polri serta TNI maupun Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pemangku kepentingan lainnya.
 
Perencanaan pengamanan sudah disusun menghadapi proses dan tahapan pilkada, kata dia, kesiapan dari berbagai sektor susah sangat maksimal termasuk kesiapan personel
 
Polda Kaltim bersama sejumlah pihak menentukan kesiapan yang matang mulai dari perancangan, pelaksanaan maupun akhir penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024, demikian Kapolda Nanang Avianto.

Baca juga: KIP Bener Meriah petakan TPS terpencil pada Pilkada 2024

Baca juga: KPU Morut: Distribusi logistik PSU TPS terpencil melalui udara

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan/Muhammad Solih Januar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024