Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengemukakan pebulu tangkis dari delapan negara memastikan ikut berkompetisi pada Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024 yang berlangsung di Semarang, Jawa Tengah, 25 Agustus - 2 September. 

"Negara-negara yang memastikan ikut (ASBC 2024) adalah Brunei Darusalam, Hong Kong, China, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Thailand, dan Indonesia sebagai tuan rumah," ujar Ketua Panitia Pelaksana ASBC 2024 Luhur Dewanto dalam konferensi pers bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, kejuaraan itu menjadi momentum berharga bagi pebulu tangkis dari kalangan pelajar Indonesia untuk menguji kemampuan meraih prestasi dalam kompetisi mancanegara.

Di sisi lain, kata dia, Kemenpora menjadikan kejuaraan tersebut sebagai kesempatan mempererat persahabatan di tingkat pelajar di seluruh Asia.

Menteri Dito Ariotedjo mengatakan Indonesia juga mengikutsertakan atlet-atlet dari pemusatan latihan nasional (pelatnas) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) untuk tampil pada ASBC 2024.

Ajang tersebut, kata dia, menjadi kesempatan mengasah dan menambah jam terbang bagi atlet-atlet pelatnas agar lebih siap berkompetisi di ajang internasional.

Baca juga: Pemerintah dan PBSI bersiap bangun pusat pelatihan bulu tangkis

Sedangkan terkait pembinaan atlet muda, Dito mengatakan selain melalui ASBC 2024, Kemenpora juga menggelar kejuaraan bulu tangkis Piala Menpora U-16 yang mempertandingkan nomor tunggal putra dan tunggal putri.

Kejuaraan itu berlangsung di enam wilayah yang tersebar di tanah air, yaitu Makassar, Jayapura, Bali, Palembang, Balikpapan, dan Solo. Para peserta terbaik dari setiap kota akan kembali bertanding di babak final di Jakarta.
​​​​​​​
Dito mengatakan kejuaraan Menpora Cup itu juga sebagai upaya menambah atlet-atlet potensial sekaligus seleksi atlet yang diharapkan bisa masuk ke pelatnas PBSI.
​​​​​​​
"Harapan saya bisa ditindaklanjuti PBSI yang mana penambahan atlet muda ini pasti berdampak ke potensi Olimpiade 2028 dan Olimpiade 2032," pungkasnya.

Baca juga: Menpora pastikan fasilitas baru bulu tangkis sesuai standar BWF
Baca juga: PBSI tandaskan persiapan Olimpiade 2028 dimulai sejak sekarang

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024