Kita lihat perizinannya ternyata kosong dan temuan ada beberapa orang yang juga merasa kecewa atas kantor tersebut
Jakarta (ANTARA) - Satpol PP Kebayoran Lama melakukan sidak kantor tidak berizin yang menipu pelamar kerja di Jalan Ciledug Raya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan demi menegakkan peraturan yang berlaku.
 
"Hari ini kami Satpol PP Kebayoran Lama dan Babinsa Cipulir melakukan sidak atau pengecekan kantor yang diduga merugikan banyak orang," kata Kasatpol PP Kebayoran Lama Dian Citra dalam sidak di Jakarta, Kamis.
 
Dia mengatakan sudah menerima sejumlah laporan dari warga bahwa kantor yang bergerak di bidang rekrutmen dan penyaluran tenaga kerja tersebut. Terlebih, kantor itu juga viral melalui media sosial TikTok.
 
Kantor yang telah beroperasi selama tiga bulan itu meminta biaya dan mengulur-ulur waktu untuk proses penempatan pekerjaan.
 
Dalam sidak, dia mengakui kantor tersebut terbilang tidak resmi lantaran tidak ada bukti perizinannya.
 
"Kita lihat perizinannya ternyata kosong dan temuan ada beberapa orang yang juga merasa kecewa atas kantor tersebut," ujarnya.
 
Atas temuan tersebut, Satpol PP Kebayoran Lama telah membuat berita acara untuk menggelar sidang tindak pidana ringan (tipiring) menindaklanjuti pelaku penipuan tersebut.
 
Diharapkan adanya sidang tipiring bisa memastikan kerugian warga dan memberikan sanksi untuk memberikan efek jera bagi pelaku.
 
"Setelah tipiring, nanti sanksinya kita lihat mereka akan melengkapi izin atau tidak," ujarnya.
 
Pemerintah Provinsi DKI terus mengupayakan agar masyarakat bisa dengan mudah memiliki pekerjaan dengan diberikan fasilitas bursa kerja (job fair) untuk menekan angka pengangguran di Jakarta.
 
"Kegiatan bursa kerja merupakan salah satu yang berkontribusi untuk menuntaskan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta Hari Nugroho.
 
Tingkat pengangguran terbuka DKI Jakarta, yaitu pada akhir tahun (2023) itu 6,3 persen atau menurun sekitar 1,54 persen dari tingkat pengangguran terbuka pada periode Februari 2023.
Baca juga: Waspada modus penipuan lowongan kerja mengatasnamakan KAI
Baca juga: Polisi identifikasi pelaku penipuan data pelamar kerja untuk pinjol
Baca juga: Indonesia jajaki kerja sama berantas judi online dengan Kamboja

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024