ini menjadi semangat bagi masyarakat Cianjur untuk meningkatkan produksi pertanian
Cianjur (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) RI memberikan dukungan penuh atas kesiapan Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sebagai penyuplai utama komoditas pertanian untuk Program Makan Siang Gratis yang dicanangkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024.

Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Menteri Pertanian Sam Herodian dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Dukungan Petani Milenial Program Yess Pada Program Makan Bergizi yang digelar di Ruang Garuda Pendopo Cianjur, Rabu.

“Kami mengapresiasi Pemkab Cianjur terlibat aktif sebagai penyuplai utama karena memiliki sumber pangan luar biasa, termasuk untuk program petani milenial dimana Pemkab Cianjur memberikan berbagai bantuan termasuk pemodalan," katanya.

Pihaknya berharap Pemkab Cianjur dapat menjadi percontohan bagi kabupaten/kota lain dalam mendukung kepentingan pemerintah pusat terutama dalam mendukung Program Makan Siang Gratis yang akan berlaku setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024.

“Kami merekomendasikan Cianjur menjadi kabupaten percontohan sebagai penyuplai berbagai komoditas pertanian untuk Program Makan Siang Gratis, bahkan ke depan Badan Gizi dapat dengan mudah menjalankan program ini dengan baik melibatkan pemerintah daerah," katanya.

Baca juga: Pengamat sarankan pemerintah perinci teknis program makan siang gratis
Baca juga: CSIS: Makan siang gratis tak akan gerus anggaran belanja pendidikan


Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan Cianjur memiliki potensi besar untuk mendukung pelaksanaan Program Makan Siang Gratis terutama sebagai penyuplai sayur mayur berbagai jenis yang dibutuhkan.

Selama ini, tutur dia, hasil pertanian yang melimpah dari sejumlah kecamatan terutama di bagian utara Cianjur sudah dapat menyuplai kebutuhan pasar di Jawa Barat dan Jabodetabek, terlebih saat ini pihaknya menggencarkan peningkatan produksi pangan.

“Semoga ini menjadi semangat bagi masyarakat Cianjur untuk meningkatkan produksi pertanian, termasuk minat petani milenial dalam mengembangkan tanaman pangan untuk kebutuhan Program Makan Siang Gratis, terus meningkat di Cianjur," katanya.

Dia menambahkan, potensi pertanian Cianjur sangat memungkinkan untuk menjadi penyuplai utama Program Makan Siang Gratis, tercatat lahan pertanian seluas 361.940 hektare yang ditanami beragam tanaman pangan siap mendukung program pemerintahan baru.

Baca juga: Pemkot Semarang implementasi makan siang gratis hasil "urban farming"
Baca juga: Asosiasi nilai UMKM perlu dilibatkan dalam program makan siang gratis
Baca juga: Penyajian yang menarik tingkatkan minat anak konsumsi sayur

 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024