Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Sampoerna Grup mendukung produk buatan usaha kecil dan menengah (UMKM) lokal untuk  mendongkrak pertumbuhan mereka, sekaligus perekonomian kawasan setempat.
 
"Salah satu bentuk dukungan, antara lain melalui festival ini, agar ada permintaan yang dibarengi dengan transaksi menguntungkan bagi pelaku dan produsen produk lokal," kata Kepala Bidang UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta Adhitya Pratama Yudha di sela Sampoerna Festival UMKM 2024, di Jakarta, Kamis.
 
Tema agenda itu adalah Kreasi Nusantara Kebanggaan Bangsa.
 
Dikatakan, secara nasional sektor UMKM pada 2023 telah menyumbang 61 persen produk domestik bruto (PDB) dan menyerap 97 persen tenaga kerja sehingga sektor UMKM sangat penting untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia.
 
Karena itu, dia menilai UMKM di Jakarta juga harus beradaptasi dengan cepat mengingat Jakarta akan segera beralih ke kota global dengan cara melakukan inovasi dan kreativitas yang lebih.

Baca juga: BI DKI gencarkan penggunaan QRIS ke UMKM lewat "Festival Ruang Rasa"
 
"Kami berharap Sampoerna menjadi elemen pengungkit dalam mendorong UMKM lebih besar di sektor perekonomian ke depan dan bersinergi dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Panitia Sampoerna Festival UMKM 2024, Luqmanul Hakim mengatakan penyelenggaraan kali ini diikuti lebih dari 150 pelaku usaha yang berasal dari Jabodetabek, Medan, Surabaya dan Makassar serta dari berbagai bidang UMKM seperti fesyen dan kuliner.
 
"Dalam festival ini kami menyediakan layanan konsultasi perizinan NIB, merek, pajak, sertifikasi halal, hingga BPOM, yang semuanya dirancang untuk membantu para pelaku usaha agar dapat berkembang lebih baik dan berdaya saing tinggi,” ujar Luqman.
 
Selain itu, lanjut Luqman, festival ini juga memberikan akses layanan publik yang relevan, seperti layanan terkait identitas kependudukan digital dan layanan pembuatan paspor.

Kemudian, agenda itu juga memberikan sertifikat penghargaan kepada lembaga mitra dan instansi pemerintah yang telah berkenan memberikan dukungan melalui fasilitas layanan konsultasi bagi UMKM.

Baca juga: DKI diminta jalin kerja sama sediakan tempat jualan UMKM 
 
Sampoerna Festival UMKM 2024 ini digelar selama empat hari dari 20 sampai dengan 23 Agustus 2024.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024