Kabupaten Tangerang (ANTARA) - Empat lembaga survei Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Tangerang, Banten, menghasilkan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah yang diusung Partai Gerindra menempati  posisi teratas pilihan masyarakat pada Pilkada 2024.

Adapun empat lembaga survei yang melakukan simulasi Pilkada kepada 2.240 responden itu diantaranya Lembaga Survei Indonesia (LSI), Indikator Politik Indonesia (IPI), Survei Pandawa Research (SPR) dan Arus Survey Indonesia (ASI).

Dari 2.240 responden yang dilakukan survei terbagi menjadi empat, seperti LSI sebanyak 400 responden, IPI sebanyak 800 responden, ASI sebanyak 600 responden, dan Pandawa sebanyak 440 responden.

Ke empat lembaga menggunakan teknik multistage random sampling, populasi desa/kelurahan tingkat kabupaten. Setiap desa/kelurahan dipilih 5 RT dengan cara random, dan setiap RT dipilih secara random dua KK.

Dosen Fisip Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), Memed Chumaidi di Tangerang, Kamis mengatakan, bahwa lembaga survei LSI melaporkan Maesyal Rasyid memperoleh pada simulasi 11 nama hingga head to head, dua kandidat nampak paling menonjol dan konsisten.

"Dalam, head to head atau perorangan, Maesyal Raysid berada diurutan teratas, sementara Mad Romli berada diurutan ke dua," katanya.

Survei yang dilakukan lembaga LSI, dimulai sejak 28 Juli hingga 3 Agustus 2024. Dari 400 responden, profil demografi responden terdiri dari laki-laki 50,6 persen dan perempuan 49,4 persen.

Lalu, pedesaan 19,4 persen dan perkotaan 80,7 persen. Adapun, lokasi yang dilakukan survei itu terdiri dari 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang.

"Di simulasi head to head, Moch. Maesyal Rasyid 40.6 persen, Mad Romli 37.5 persen. Sementara, apabila berpasangan, Maesyal-Intan 41,6 persen, dan Mad Romli-Irvansyah 37,2 persen. Ini menunjukkan, popularitas Maesyal Rasyid lebih tinggi dibanding kandidat lainnya," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, hasil survei dari Indikator Politik Indonesia (IPI) yang dilakukan sejak 2 hingga 9 Juli 2024 dengan menggunakan 800 responden, terdiri dari 29 kecamatan, pemilih laki-laki 50,4 persen dan perempuan 49,5 persen menunjukkan bahwa Maesyal Rasyid memperoleh sebutan terbanyak dari masyarakat.

"Dalam simulasi Top Of Mind, Moch. Maesyal Rasyid tetap unggul dengan persentase 22,3 persen, diikuti oleh Mad Romli dengan 13,6 persen, sementara nama-nama lainnya memiliki persentase lebih rendah. Sebanyak 53,9 persen responden belum membuat keputusan," ungkapnya.

Selanjutnya, hasil survei Pandawa Research yang dilakukan sejak 27 hingga 32 Mei 2024 dengan total responden sebanyak 440 responden. Terdiri dari laki-laki 50 persen dan perempuan 50 persen, pedesaan 20.2 persen perkotaan 79.8 persen menunjukkan bahwa Maesyal Rasyid berada di posisi teratas dengan dukungan sebesar 33,4 persen, dan pendukung kuat (strong supporters) sebesar 21,0 persen, serta tingkat pengenalan sebesar 66,1 persen.

Mad Romli (Haji Ombi) berada di posisi kedua dengan dukungan sebesar 24,3 persen, memiliki pendukung kuat sebesar 11,7 persen, dan tingkat pengenalan sebesar 76,4 persen.

"Namun, tingkat kesukaan terhadap Maesyal Rasyid mencapai 91,0 persen. Bahkan, dukungan untuk wakil Bupati Tangerang, dukungan paling tinggi dalam survei Pandawa adalah Intan Nurul Hikmah sebanyak 12.1 persen dan diposisi ke dua ditempati Irvansyah sebanyak 9.2 persen," tukasnya.

Terakhir, dari Arus Survey Indonesia (ASI) yang dilakukan sejak 26 Mei hingga 2 Juni 2024, dengan total 600 responden yang tersebar di seluruh kecamatan, terdiri dari laki-laki 50,2 persen dan perempuan 49,8 persen menyatakan terkait elektabilitas dia Nama Calon Bupati Tangerang, Moch Maesyal Rasyid 42,2 persen menduduki diurutan pertama, disusul Mad Romli 33,2 persen. Sementara yang tidak tahu/tidak jawab 24,7 persen.

"Maesyal Rasyid selalu unggul dari empat lembaga survei ini. Tentunya, dukungan yang masif serta rajin membangun komunikasi dan konsolidasi kepada rakyat adalah kunci kemenangan kandidat di event kontestasi," kata dia.




 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024