Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung menyatakan dalam pelaksanaan job fair bagi siswa-siswi sekolah menengah kejuruan (SMK) di daerah itu bekerja sama dengan 109 mitra dari dunia usaha.

"Kegiatan job fair ini adalah gagasan dari pemerintah daerah sebagai bentuk memberikan kesempatan kepada siswa-siswi maupun lulusan SMK agar bisa masuk ke bursa kerja," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar di Bandarlampung, Kamis.

Baca juga: Pemprov Lampung: LKS SMK jadi tolak ukur pembelajaran di sekolah
 
Ia mengatakan dalam kegiatan job fair bagi siswa-siswi SMK yang dilakukan bersamaan dengan kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional ke-32 tersebut bekerja sama dengan 109 mitra dari industri dan dunia usaha.
 
"Kami mengharapkan 109 mitra dari dunia usaha serta industri ini bisa menyerap tenaga kerja dari anak-anak SMK, baik yang sudah lulus ataupun yang akan lulus, yang saat ini di kelas 11 melalui lowongan pekerjaan yang disediakan," katanya.
 
Dia menjelaskan selama pelaksanaan job fair banyak siswa SMK yang datang memanfaatkan kegiatan tersebut guna mencari pekerjaan.
 
"Kemampuan anak-anak SMK di Lampung sudah luar biasa, bahkan banyak yang magang di luar negeri serta terserap sebagai tenaga kerja di sana. Tentunya dengan adanya job fair ini menjadi sarana pemerintah daerah ikut berpartisipasi memfasilitasi penyerapan tenaga kerja produktif ke bursa kerja," ucap dia.

Baca juga: Sekjen Kemendikbud: LKS SMK nasional kembangkan potensi siswa SMK

Baca juga: Pemprov Sumsel fasilitasi siswa lulusan SMK terserap perusahaan
 
Menurut dia, bila dilihat secara keseluruhan pendidikan vokasi sangat penting dalam menyiapkan tenaga kerja yang berkemampuan serta siap kerja.
 
"Saat ini sudah ada 1.003 industri yang menyerap tenaga kerja dari anak-anak SMK di Lampung, dengan lowongan kerja yang mencapai 18 ribu lebih dan ini jadi berkah bagi siswa di Lampung," ujarnya.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024