Kami bekerja sama dengan Puskesmas Jabon memastikan bantuan tepat sasaran dan efektif mengurangi angka stunting di desa ini
Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Gas Negara Tbk Sales and Operation Region III (PGN SOR III) menggelar Program Sehat dan Harmoni Indonesia bersama PGN atau SEHATI PGN untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Sidoarjo, Jatim.

Area Head Sidoarjo PGN SOR III Muhammad Makki dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) tersebut mencakup berbagai kegiatan kesehatan untuk kelompok rentan dan balita stunting.

Menurut dia, kegiatan pertama program dilaksanakan pada Jumat (16/8/2024) berupa pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita stunting di Desa Tambak Kalisogo, Kecamatan Jabon, Sidoarjo.

Berdasarkan data, Desa Tambak Kalisogo memiliki angka stunting yang cukup tinggi. Kegiatan dilaksanakan bekerja sama dengan Puskesmas Jabon dan difokuskan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian balita melalui pemberian paket gizi seimbang.

"Kami bekerja sama dengan Puskesmas Jabon untuk memastikan bahwa bantuan tepat sasaran dan efektif dalam mengurangi angka stunting di desa ini. Dengan adanya PMT, kami berharap dapat mendukung tumbuh kembang balita yang lebih optimal," ungkapnya.

Baca juga: PGN Pagardewa dorong petani karet terapkan wanatani

Baca juga: PGN integrasikan pengelolaan infrastruktur dan komoditas gas bumi


Program dilanjutkan pada Senin (19/8/2024) dengan pemeriksaan kesehatan gratis untuk kelompok rentan, khususnya lansia, di Desa Kedungturi Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Pemeriksaan mencakup pengecekan tekanan darah, asam urat, gula darah dan kolesterol, serta konsultasi medis terhadap lebih dari 150 peserta. Bidan desa, Lina Beauty, turut menyampaikan apresiasinya atas kerja sama kegiatan.

Menurut Makki, dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat yang mungkin sulit mendapatkan akses layanan kesehatan bisa memperoleh pemeriksaan dan edukasi kesehatan secara langsung dan gratis.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan pelatihan edukasi pola asuh dan pemberian gizi pada Selasa (20/8/2024) di Desa Tambak Kalisogo Kecamatan Jabon, Sidoarjo.

Pelatihan ditujukan untuk orang tua balita stunting dengan tujuan meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya pola asuh yang baik dan pemberian gizi seimbang.

Makki menambahkan Program SEHATI PGN adalah langkah nyata PGN dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan terlaksananya program ini, PGN SOR III berharap dapat terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan menjadi mitra yang andal dalam mendukung kesejahteraan bersama," sebutnya.

Baca juga: PGN alirkan gas bumi ke Monumen Taman Kusuma Bangsa IKN

Baca juga: PGN pasok gas bumi 18 BBTUD ke industri panel surya di Gresik

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024