Shanghai (ANTARA) - Shanghai menempati peringkat ketiga di antara pusat-pusat pelayaran internasional terkemuka, ungkap sebuah laporan yang diterbitkan di kota itu pada Rabu (21/8).

Singapura, London, Shanghai, Hong Kong, dan Dubai menempati peringkat lima teratas dalam Xinhua-Baltic International Shipping Center Development Index (2024).

Dengan kemampuan layanan pelayaran yang luar biasa dan infrastruktur pelabuhan yang terdepan di industri ini, kelima kota itu memberikan jaminan yang kuat untuk kelancaran operasional pelayaran global, kata laporan indeks tersebut.

Kota Shanghai di China timur sekali lagi menduduki peringkat ketiga dalam daftar tersebut, menunjukkan bahwa statusnya yang sangat signifikan sebagai pusat pelayaran internasional terus diperkukuh.

Pada 2023, throughput peti kemas Pelabuhan Shanghai telah mencapai 49,16 juta TEU (twenty-foot equivalent unit), peringkat pertama di dunia selama 14 tahun berturut-turut.

Kota-kota pusat pelayaran lainnya di China, seperti Hong Kong, Ningbo-Zhoushan, Guangzhou, Qingdao, dan Shenzhen, juga tampil menonjol dalam daftar ini. Secara khusus, Tianjin di China utara kembali masuk ke dalam 20 besar global, yang menyoroti posisi pentingnya dalam rantai nilai industri pelayaran internasional.

Xinhua-Baltic International Shipping Center Development Index pertama kali dirilis pada 2014. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024