Jakarta (ANTARA) - Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia berharap tim Indonesia untuk Paralimpiade Paris 2024 akan memberikan kejutan dengan mendapatkan medali yang melebihi target.

Wakil Sekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto mengungkapkan Indonesia menargetkan satu medali emas, dua medali perak, dan tiga medali perunggu dari Paralimpiade Paris 2024. 

Namun dia mengharapkan ada kejutan dari cabang olahraga yang tidak ditargetkan medali, seperti panahan dan boccia.

"Saya yakin mereka bisa bikin kejutan. Ken Swagumilang di beberapa event terakhir sering tarung di final melawan peringkat satu dunia," kata Rima dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Indonesia mengirimkan 35 atlet paralimpiade dari 10 cabang olahraga yang dilombakan.

Baca juga: Tim Paralimpiade bawa kuliner Nusantara ke Paris sebagai penyemangat

Kesepuluh cabang olahraga itu adalah para bulu tangkis, para atletik, para panahan, boccia, judo tunanetra, para renang, para tenis meja, para balap sepeda, para angkat berat, dan para menembak.

Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Paralimpiade Paris 2024 Reda Manthovani menyebutkan target medali itu sudah mempertimbangkan kesiapan atlet didukung ofisial dan pihak terkait lain.

"Kami meyakini bahwa target ini akan tercapai melalui upaya dan persiapan yang matang dan serius yang telah dilakukan oleh seluruh olahragawan kita, ofisial, dan pihak terkait lainnya," ujarnya.

Reda mengatakan seluruh atlet telah siap secara fisik dan mental untuk bersaing di Paris.

Atlet Paralimpiade Indonesia telah menjalankan pelatnas di Kota Solo dari November 2023 hingga Agustus. 35 atlet lolos kualifikasi Paralimpiade Paris 2024.

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024