Artinya, saat ini kami berada di jalur yang sangat baik untuk terus mencatatkan kinerja positif, serta untuk merealisasikan target full recovery
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp900 miliar pada semester pertama tahun 2024, mencerminkan kinerja keuangan yang kuat selama periode tersebut.

"PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports mencatat telah membukukan laba bersih sebesar Rp900 miliar pada periode semester I 2024, berhasil melampaui target rencana kerja dan anggaran perusahaan atau RKAP, yakni sebesar 164 persen di atas target sebesar Rp547 miliar," kata Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

InJourney Airports merupakan anak perusahaan PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney, saat ini berperan sebagai subholding untuk sektor jasa kebandarudaraan. InJourney Airports saat ini mengelola PT Angkasa Pura I (AP1) dan PT Angkasa Pura II (AP2).

Faik menuturkan, kinerja keuangan InJourney Airports yang sangat positif tersebut bersumber dari kenaikan pendapatan usaha. Pada periode semester I 2024, AP1 membukukan pendapatan usaha sebesar Rp4,53 triliun, sedangkan AP2 membukukan pendapatan usaha sebesar Rp5,15 triliun.

Pendapatan usaha AP1 dan AP2 tersebut meningkat 7 persen dari total capaian semester I 2023 sebesar Rp9,05 triliun. Peningkatan itu seiring dengan proses integrasi bandara yang sedang berlangsung.

InJourney Airports menjalankan transformasi bandara yang dapat mengoptimalkan pendapatan dan biaya operasional serta disiplin dalam menjaga beban biaya membuat AP1 membukukan Laba Bersih sebesar Rp456 miliar, 308 persen di atas target RKAP sebesar Rp148 miliar.

"Demikian pula laba bersih AP2 semester I 2024 mencapai Rp441 miliar, yang juga melampaui target RKAP hingga 111 persen, sebesar Rp399 miliar," tuturnya.

Sejalan dengan peningkatan kinerja tersebut, InJourney Airports berhasil mencatat kenaikan EBITDA pada semester I tahun 2024 sebesar Rp4,75 triliun atau 104 persen di atas RKAP, serta tumbuh 18 persen dibandingkan semester I 2023.

“Kami sangat bersyukur dengan capaian kinerja keuangan semester I 2024 yang sangat positif, serta berhasil melampaui target yang ditetapkan. Capaian ini didukung kinerja operasional di bandara-bandara InJourney Airports yang terus menunjukkan tren pertumbuhan positif," katanya.

Sepanjang semester I 2024, pihaknya mencatat telah melayani sebanyak 75 juta pergerakan penumpang, tumbuh 4 persen bila dibandingkan periode yang sama di tahun lalu, serta mencapai recovery rate sebesar 93 persen dibanding periode semester I 2019.

"Artinya, saat ini kami berada di jalur yang sangat baik untuk terus mencatatkan kinerja positif, serta untuk merealisasikan target full recovery," ujar Faik.

Lebih lanjut, Faik mengatakan bahwa program transformasi bandara di InJourney Airports akan terus diperkuat melalui program peningkatan kualitas layanan kepada pengguna jasa bandara dengan memberikan perubahan pada sisi peningkatan kualitas infrastruktur bandara.

Lalu, manajemen operasional yang berbasis ekosistem, dan peningkatan kualitas SDM berbasis customer centric yang berstandar global.

Selain itu transformasi yang dilakukan akan menghadirkan wajah baru bandara-bandara di Indonesia, di antaranya adalah keindahan terminal Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, optimalisasi kapasitas dan fasilitas Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dari 24 juta penumpang/tahun menjadi 32 juta penumpang/tahun.

"Serta pengembangan dan peningkatan kapasitas Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dari kapasitas sebelumnya 7 juta penumpang/tahun menjadi 15 juta penumpang/tahun," jelas Faik.

Ia menambahkan, tujuan transformasi bandara yang sedang berjalan adalah untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan pada seluruh rangkaian perjalanan melalui perubahan mindset dan pola manajemen dalam memberikan pelayanan.

"Perubahan mindset dari reaktif menjadi prediktif dan proaktif untuk mewujudkan transformasi dari operational excellence menjadi value excellence, sehingga mampu menjadi wajah kebanggaan bangsa, di samping tugas utama InJourney Airports sebagai agent of development dan value creator," kata Faik.

Baca juga: Bandara Soetta tingkatkan kewaspadaan dan pengamanan 
Baca juga: PT Angkasa Pura I tambah opsi penerbangan di Bandara Lombok
Baca juga: APS buka lowongan kerja di Bandara Ngurah Rai di tengah mogok kerja

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024