Jakarta (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) RI menerima hibah berupa tanah seluas 2.200 meter persegi untuk pembangunan BNN Kabupaten Manggarai Barat dengan menandatangani nota kesepahaman di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (20/8).

Kepala BNN RI Komjen Pol. Marthinus Hukom menyebutkan pembangunan BNN Kabupaten Manggarai Barat bertujuan untuk mencegah meluasnya peredaran narkotika di salah satu kawasan destinasi wisata super prioritas di Indonesia, yaitu Labuan Bajo yang berada di Kabupaten Manggarai Barat.

"Saya berterima kasih kepada bupati, wakil bupati, DPRD, serta forkopimda karena kepercayaannya pada BNN sehingga menghibahkan sedikit asetnya untuk mendukung tugas-tugas P4GN," kata Marthinus, seperti dikutip dari keterangan tertulis resmi di Jakarta, Kamis.

Adapun penerimaan hibah tanah secara simbolis melalui penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang Sinergi Percepatan Pembangunan dan Pengembangan Kapasitas BNN Kabupaten/Kota dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Selain itu, terdapat pula penandatanganan MoU tentang Pelaksanaan Kebijakan dan Strategi Nasional Program Pencegahan dan Pemberantasan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) di Labuan Bajo, yang turut melibatkan BNN Provinsi NTT.

Penandatanganan nota kesepahaman oleh Kepala BNN RI dalam lawatan kerjanya ke Labuan Bajo, NTT. Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNN RI beserta jajarannya disambut oleh Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng di Kantor Bupati Manggarai Barat.

Terkait dengan upaya pembentukan BNN di Kabupaten Manggarai Barat, Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng menyampaikan kekhawatirannya terhadap Manggarai Barat yang merupakan daerah pariwisata dan hampir setiap hari dibanjiri oleh para wisatawan, baik domestik maupun asing.

Oleh karena itu, dengan kehadiran BNN, pemerintah kabupaten berharap intervensi program P4GN dapat dilakukan kepada masyarakat agar mampu membentengi diri dari penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkotika.

"Kami menyiapkan lahan seluas 2.200 meter persegi. Pemerintah punya kepedulian juga terhadap narkoba, terutama untuk generasi muda kita," ungkap Yulianus.

Baca juga: BNN RI: Narasi dan konten P4GN yang menarik pengaruhi generasi muda
Baca juga: BNN RI apresiasi kinerja BNNP Kalteng cegah penyalahgunaan narkoba

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024