Setiap peserta Program JKN dapat memanfaatkan FKTP sebagai langkah awal ketika membutuhkan perawatan kesehatan
Sorong (ANTARA) - Kepada BPJS Kesehatan Cabang Sorong Pupung Purnama mengajak peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk berobat ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) karena mudah dan terjangkau untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
 
"Setiap peserta Program JKN dapat memanfaatkan FKTP sebagai langkah awal ketika membutuhkan perawatan kesehatan," ucapnya melalui keterangan yang diterima di Sorong, Kamis.

Dia menyebutkan, FKTP terdiri dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), klinik pratama, dan dokter praktek perorangan atau dokter keluarga yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehtaan.
 
Menurut dia, FKTP ini sebagai pintu gerbang utama untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan rutin dan layanan dasar lainnya, yang dirancang untuk memberikan layanan kesehatan secara menyeluruh kepada masyarakat Indonesia.

Baca juga: Kepesertaan program JKN capai 98,19 persen jelang HUT ke-79 RI
 
"Proses pelayanan kesehatan di FKTP telah dirancang agar sederhana dan praktis. Peserta hanya perlu menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Indonesia Sehat (KIS) baik yang fisik ataupun KIS digital, sebagai syarat pendaftaran pada FKTP dimana peserta terdaftar," ujarnya. 
 
Untuk peserta yang sedang berada di luar daerah dari FKTP terdaftar dan membutuhkan pelayanan kesehatan, lanjutnya, tetap dapat memperoleh layanan kesehatan. Sesuai ketentuan peserta diberikan kesempatan untuk mendapatkan layanan hingga tiga kali pada FKTP terdekat yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan meskipun berada jauh dari tempat tinggalnya.
 
“FKTP juga telah berkomitmen untuk melengkapi layanan dengan sarana dan prasarana yang memadai mulai dari ruang tunggu yang nyaman, alat medis yang lengkap, hingga pelayanan yang ramah dari staf medis. Dengan fasilitas tersebut kami berharap setiap peserta dapat memperoleh perawatan yang berkualitas,” kata Pupung
 
Pupung juga menekankan pentingnya memanfaatkan kanal-kanal layanan daring seperti Aplikasi Mobile JKN, yang menawarkan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan yang memungkinkan peserta untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan serta membantu mengurangi waktu tunggu demi meningkatkan kenyamanan dalam berobat.

Baca juga: BPJS Kesehatan Sorong minta FKTP dan FKRTL tingkatkan layanan
 
"Aplikasi Mobile JKN dirancang untuk mempermudah peserta dalam mengakses layanan kesehatan dengan fitur-fitur praktis yang dapat meningkatkan kenyamanan dan mengefisienkan waktu, seperti pengecekan lokasi fasilitas kesehatan dan pendaftaran antrean secara daring juga dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN,” katanya. 
 
Pihaknya berharap masyarakat dapat lebih aktif dalam memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan agar dapat terus merasakan manfaat dari Program JKN. 
 
Peserta JKN, Jastin (31) yang ditemui saat berobat di FKTP tempatnya terdaftar yaitu Klinik Tiara Nusantara Sorong menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan.
 
"Saya merasa ada gangguan pada gigi, sehingga saya perlu untuk memeriksanya. Semua berjalan lancar, saya tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan penanganan oleh petugas medis. Jadi ketika sakit, termasuk selain bukan sakit gigi ini, saya tidak pernah ragu untuk selalu datang ke klinik atau sebelumnya terdaftar di puskesmas terlebih dahulu untuk mendapatkan pengobatan,” ungkapnya. 

Baca juga: Sepuluh tahun oma Ida rasakan manfaat BPJS Kesehatan

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024