"Seiring dengan meningkatnya kasus cacar monyet di Indonesia, kami meningkatkan kewaspadaan
Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melalui Dinas Kesehatan melakukan antisipasi dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit cacar monyet (monkey pox/Mpox).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulon Progo Sri Budi Utami di Kulon Progo, Kamis, mengatakan penyakit cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh monkey pox virus, sama seperti penyakit cacar lainnya maka penyakit cacar monyet ditandai dengan gejala berupa bintil-bintil berair di kulit.

"Seiring dengan meningkatnya kasus cacar monyet di Indonesia, kami meningkatkan kewaspadaan," kata Sri Budi.

Baca juga: Kemenkes: Ada 88 kasus cacar monyet hingga 17 Agustus di RI

Ia mengatakan sampai saat ini di Kulon Progo belum ada laporan dan temuan cacar monyet. Namun demikian Dinkes Kulon Progo melakukan langkah-langkah antisipasi dengan memantau perkembangan situasi dan informasi melalui kanal-kanal resmi kesehatan.

Selanjutnya, melaksanakan pencegahan, deteksi dan respon pencegahan penyakit menular, dan menyiapkan semua fasilitas pelayanan kesehatan agar siap dalam penanganan kasus monkey pox.

"Selain itu kami berkoordinasi dengan laboratorium kesehatan masyarakat sesuai regional yakni Balai Besar Laboratorium Kesehatan Masyarakat Yogyakarta," katanya.

Baca juga: Cegah Mpox, Kemenkes perketat skema pemeriksaan WNA di pintu masuk RI

Lebih lanjut Sri Budi mengatakan Dinkes Kulon Progo berkoordinasi dengan Balai Kekarantinaan Kesehatan di Kulon Progo terkait kewaspadaan di pintu masuk Bandara Internasional Yogyakarta.

"Bila dicurigai ada kasus cacar monyet segera mengirimkan spesimen kasus ke laboratorium kesehatan masyarakat sesuai dengan regional, Balai Besar Laboratorium Kesehatan Masyarakat Yogyakarta," katanya.

Dia juga mengatakan Dinkes melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait penyakit cacar monyet meliputi pengertian, gejala, cara penularan, apa yang harus dilakukan bila mengalami gejala.

"Sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam pencegahan penyakit cacar monyet ini," kata dia.

Baca juga: Perdoski paparkan bahaya komplikasi mpox serta cara pencegahannya

Pewarta: Sutarmi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024