Jakarta (ANTARA) - Permainan Pokemon Go menggabungkan teknologi kamera ponsel pintar berbasis Android OS atau iOS dengan teknologi pelacakan lokasi "global positioning system" (GPS) untuk mencari dan menangkap karakter monster Pokemon dengan bantuan augmented reality di dunia nyata.

Permainan itu telah tersedia untuk diunduh secara resmi di Indonesia sejak 5 Agustus 2016, bahkan hingga 15 Agustus (Android OS) dan 19 Agustus 2024 (iOS)  Niantic selaku pengembang gim ini masih memberikan fasilitas pembaruan berkala untuk kenikmatan pemain baru.

Pokemon GO sekarang dimainkan di lebih dari 100 negara dan dapat diunduh melalui tautan berikut:
(Play Store) https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nianticlabs.pokemongo
(App Store) https://apps.apple.com/us/app/pok%C3%A9mon-go/id1094591345

Pada Play Store, versi terbaru 0.327.0 memiliki ukuran unduhan sebesar 128 megabyte. Sedangkan pada App Store, versi terbaru 0.327.0 memiliki ukuran unduhan sebesar 349,4 MB.

Untuk memeriksa apakah telah menginstal versi terbaru, cukup luncurkan permainan tersebut. Pemain akan melihat nomor versi di bagian bawah halaman di bagian Pengaturan/Menu Umum.

Menurut laman resmi Niantic, Pengguna iphone, ipad, ipod dipersyaratkan untuk bermain Pokemon Go dengan versi iOS 15 ke atas. Sedangkan Pengguna ponsel Android dipersyaratkan untuk bermain Pokemon Go dengan versi Android 9 (Pie) atau yang lebih baru.

Pokemon dapat dipasang secara gratis, namun pemain dapat membelanjakan uang sungguhan untuk PokéCoin, mata uang dalam Pokemon Go. PokéCoin dapat ditukar dengan peningkatan power, item tambahan, dan banyak  fasilitas tambahan lainnya.

Untuk memasang aplikasi, pastikan perangkat yang digunakan sudah menyambung ke jaringan internet.

Jika sudah, masuk kolom penelusuran di laman App Store (iOS) atau Play Store (Android OS) lalu ketik Pokemon Go dan Enter. Setelah itu, halaman penelusuran akan memunculkan sejumlah aplikasi yang terkait dengan Pokemon Go.

Pastikan aplikasi Pokemon Go yang benar adalah dikembangkan Niantic, inc dan tekan tombol "instal" atau "dapatkan".

Kemudian tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan bahwa aplikasi sudah selesai terpasang.

Mainkan aplikasi Pokemon Go yang sudah terpasang, kemudian berikan izin untuk aplikasi mengakses kamera dan lokasi pemain. Niantic menyarankan agar selama bermain, perangkat terhubung ke jaringan internet agar aplikasi mendapatkan informasi lokasi yang akurat.

Kemudian aplikasi akan mengarahkan untuk membuat akun baru jika pemain belum mempunyai akun untuk memulai permainan.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024