Jakarta (ANTARA) - Munculnya virus monkeypox atau cacar monyet menjadi suatu kekhawatiran bagi masyarakat. Penyakit monkeypox atau cacar monyet ini bisa menular dan tersebar luas. Namun, ada beberapa cara untuk mencegah terpapar virus monkeypox ini.
 
Pencegahan monkeypox sangat penting karena virus ini dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman dan dapat menyebabkan masalah serius. Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan, hal ini dapat melindungi diri sendiri, keluarga, dan orang sekitar.
 
Cara mencegah monkeypos atau cacar monyet
 
1. Hindari kontak langsung dengan sumber virus
Pencegahan utama dari virus monkeypos adalah menghindari sumber virus, seperti hewan dan manusia yang terinfeksi. Terutama hewan yang merupakan inang alami virus monkeypox, seperti monyet, tikus, tupai, primata, dan hewan liar lain.
 
Selain itu, menjaga jarak dan menghindari penggunaan barang yang kerap digunakan oleh pasien yang terinfeksi virus monkeypox.
 
2. Menjaga kebersihan
Dengan selalu menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir, terutama setelah kontak langsung dengan hewan atau benda yang mungkin terkontaminasi virus monkeypox.

Anda bisa menggunakan disinfektan untuk membersihkan tangan dan permukaan yang sering disentuh.
 
3. Memakai alat pelindung diri
Pakai alat pelindung sangat penting jika harus menangani atau berinteraksi langsung dengan hewan yang mungkin terkena virus monkeypox. Dengan menggunakan sarung tangan, pakaian pelindung, dan pelindung mata dapat mengurangi risiko paparan virus.
 
Kulit juga terlindungi dari kontak langsung dengan hewan dengan mengenakan alat pelindung. Setelah selesai, pastikan untuk melepas alat pelindung dengan aman dan mencuci tangan sampai bersih.
 
4. Tidak konsumsi daging hewan yang terinfeksi virus
Selain menyebar secara kontak langsung, virus dapat terjangkit pada daging hewan dan tertular pada manusia. Hal ini menjadi penting untuk memilih konsumsi makanan dari hewan liar yang memungkinkan terinfeksi virus monkeypox. Pastikan juga dalam mengonsumsi daging, telah dimasak secara matang sempurna.
 
5. Vaksinasi cacar
Vaksin cacar terutama untuk monkeypox telah tersedia di beberapa negara, biasanya diberikan kepada orang-orang yang memiliki risiko terpapar virus, seperti petugas laboratorium atau peneliti hewan. Vaksin cacar sebagai perlindungan tubuh yang berpotensi sebesar 85 persen dari infeksi cacar monyet.
 
6. Isolasi mandiri
Ketika cacar monyet muncul di daerah sekitar, tindakan isolasi merupakan cara utama untuk mencegah penularan penyakit. Saat terkonfirmasi menderita cacar monyet, orang tersebut harus dipisahkan dari kontak langsung dengan orang lain.
 
Isolasi perlu dilakukan dalam upaya menghentikan virus dan tidak menginfeksi orang lain. Isolasi dilakukan sampai pasien dipastikan tidak lagi menularkan atau menunjukkan gejala penyakit monkeypox.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024