Kami percaya melalui upaya yang dilakukan untuk mendukung Gernas BBI dan BBWI ini, kita dapat memperkuat daya saing produk lokal
Denpasar (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali melakukan berbagai upaya untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) 2024 dengan memperkuat daya saing produk lokal Bali.

"Kami percaya melalui upaya yang dilakukan untuk mendukung Gernas BBI dan BBWI ini, kita dapat memperkuat daya saing produk lokal," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Erwin Soeriadimadja di Denpasar, Rabu.

Ia menambahkan, dengan dukungan tersebut juga mendorong kreativitas dan inovasi, serta meningkatkan kontribusi sektor pariwisata dalam perekonomian nasional.

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung Gernas BBI dan BBWI sebagai bagian dari strategi nasional untuk memperkuat ekonomi kerakyatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Erwin mengemukakan, dukungan BI Bali pada Gernas BBI dimulai sejak bulan Februari 2024 melalui berbagai langkah strategis. Tahap pertama, beberapa UMKM binaan yang potensial telah dikurasi untuk mengikuti program on boarding yang bertujuan untuk membantu UMKM binaan maupun mitra dalam memperluas pasar melalui platform digital.

Dalam mendukung BBWI, Bank Indonesia juga melaksanakan peningkatan kapasitas bagi desa wisata yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing desa wisata.

"Digitalisasi pariwisata juga didorong mencakup pemasaran online (daring) serta pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan aksesibilitas dan pengalaman wisatawan dalam mendorong pariwisata berkualitas dan inklusif di Bali," kata Erwin.

Salah satu inisiatif unggulan Bank Indonesia adalah penyelenggaraan Bali Jagadhita 2024 pada Juni lalu yang diikuti oleh sekitar 50 UMKM di bidang fesyen, kriya, dan kuliner.

Selain itu, dukungan lain yang diberikan Bank Indonesia dengan melibatkan desa wisata pada Bali Beyond Travel Fair yang telah mempertemukan desa wisata dengan agen perjalanan global dan lokal.

Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi UMKM dan sektor pariwisata di Bali untuk terus berkembang dan beradaptasi dengan dinamika pasar global.

Prestasi membanggakan juga diraih beberapa UMKM binaan Bank Indonesia, yaitu UMKM Gringsing Tunjung Biru, Bali Taru Rahayu, dan Rotenbi, yang mendapatkan penghargaan sebagai Champion BBI BBWI Provinsi Bali 2024.

"Penghargaan ini menjadi bukti nyata dedikasi Bank Indonesia dalam mendorong potensi lokal dan memperkuat ekonomi kreatif di Bali," kata Erwin.

Baca juga: BI: Ekonomi Bali Nusra triwulan II-2024 meningkat 6,84 persen
Baca juga: BI Bali: Implementasi QRIS jadi inisiatif mendorong ekonomi digital
Baca juga: BI: Bali hadapi tiga tantangan besar wujudkan pariwisata berkualitas

 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024