Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Syamsul Effendi menyebutkan festival budaya ESTI Fest 2024 yang digelar Desa Wisata IV Suku Menanti di daerah itu menjadi ajang pelestarian seni dan budaya daerah setempat.

"Festival ini bukan hanya sebuah perayaan budaya semata, tetapi juga bisa mempererat silaturahim serta untuk menggali, mengembangkan, dan melestarikan seni budaya daerah," kata dia di Rejang Lebong, Rabu.

Dia menjelaskan, festival budaya ESTI Fest 2024 yang digelar Desa IV Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran 20-21 Agustus 2024 dengan menampilkan kesenian lokal dan suku-suku lainnya yang ada di wilayah itu merupakan hal yang sangat positif sehingga bisa menjadi daya tarik orang untuk datang ke desa tersebut.

"Dengan adanya ESTI Fest 2024 Desa IV Suku Menanti ini nantinya pelestarian budaya sebagai identitas daerah dapat diwujudkan, sehingga nilai-nilai budaya dapat terus tumbuh, berkembang, dan lestari," katanya.

Baca juga: Pemkab Agam adakan festival "baralek gadang" upaya lestarikan budaya

Kepala Desa IV Suku Menanti Jumari menjelaskan kegiatan itu dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI dengan mengadakan pameran UMKM, pagelaran seni budaya daerah, serta karnaval budaya.

Karnaval budaya yang dilaksanakan pada hari kedua, Rabu (21/8) itu, kata dia, dilepas dari simpang tiga Balai Desa IV Suku Menanti menuju Lapangan Sepak Bola Desa IV Suku Menanti diikuti ribuan peserta yang mengenakan kostum unik dan busana daerah serta patung hewan serta lainnya.

Baca juga: Festival Babukung lestarikan tradisi adat dan budaya Dayak Tomun

Pada pelaksanaan karnaval kali ini setiap peserta juga diberikan kesempatan untuk menggelar atraksi saat tiba di lokasi kegiatan utama, salah satunya adalah teaterikal legenda Ken Arok oleh peserta yang berasal dari Dusun V.

Sedangkan peserta dari Dusun III menampilkan atraksi perkelahian naga api melawan kelabang raksasa, kemudian peserta dari Dusun II menampilkan Tari Persatuan, serta peserta dari Dusun I menyuguhkan Tari Kecak Bali.

Baca juga: Gubernur Bengkulu: Tiga agenda wisata Bengkulu masuk KEN 2024

Sebelumnya Desa IV Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong belum lama ini berhasil masuk dalam 50 besar penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2024 yang dilaksanakan Kemenparekraf, dan pada 7 Agustus 2024 telah dikunjungi oleh tim visitasi guna menentukan kriteria apa saja yang dimenangi desa itu.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024