Kami telah memasarkan produk vaksin Hepatitis A, tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga sudah bisa untuk dewasa.
Jakarta (ANTARA) - PT Etana Biotechnologies Indonesia (Etana), perusahaan biofarmasi Indonesia, berkomitmen untuk menyediakan vaksin hepatitis yang mudah diakses oleh semua kalangan di seluruh fasilitas kesehatan Indonesia.

Upaya itu dilakukan untuk membantu melindungi masyarakat Indonesia terhadap penyakit hepatitis.

"Saat ini, kami telah memasarkan produk vaksin Hepatitis A, tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga sudah bisa untuk dewasa. Hal ini dikarenakan kejadian Hepatitis A dengan risiko tinggi lebih rentan terjadi pada usia dewasa," kata Director of Anti Infectious Business Unit M Indra Lamora dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu.

Etana, kata dia, juga akan meluncurkan produk obat untuk Hepatitis B, sebagai upaya mendukung pemerintah untuk menanggulangi penyakit Hepatitis B.

Indra menyampaikan saat ini Etana tengah melakukan inovasi dalam pengembangan produk vaksin. Hal itu sejalan dengan tujuan Etana, yaitu melayani pasien dengan menyediakan produk biofarmasi dan vaksin yang berkualitas tinggi, inovatif, dan terjangkau.

"Etana juga berkomitmen menyediakan produk vaksin yang halal, agar tidak ada lagi muncul keraguan di masyarakat untuk melakukan vaksinasi," ujarnya.

Lebih lanjut, Indra mengatakan Etana juga mendukung pengembangan vaksin secara lokal yang merupakan bentuk dukungan Etana kepada pemerintah dalam mewujudkan sistem sistem ketahanan kesehatan dalam kemandirian obat dan alat kesehatan dalam negeri.

"Beberapa produk vaksin yang saat ini dalam pengembangan, di antaranya vaksin COVID-19 dengan platform mRNA, pneumococcal, HPV dan tuberculosis," ujarnya pula.

Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Hepatitis Sedunia, Etana turut menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk melakukan kegiatan edukasi dan vaksinasi. Salah satu inisiatif, yakni menjadikan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Syiah Kuala Aceh sebagai pusat layanan vaksinasi di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Dalam kegiatan tersebut, Etana memberikan edukasi kesehatan terkait penyakit hepatitis dan melakukan vaksinasi Hepatitis A kepada seluruh mahasiswa-mahasiswi kedokteran RSP Syiah Kuala Aceh.

Selain itu, bersama dengan PrimaKu, Etana mendukung vaksinasi Hepatitis A untuk anak-anak di Panti Asuhan Putra Utama 1 Jakarta Timur melalui kolaborasi dengan Yayasan Cakra dan Universitas Indonesia.

Tidak hanya itu, Etana juga bekerja sama dengan RSPAD Gatot Soebroto Jakarta untuk memberikan vaksinasi Hepatitis A bagi karyawan, keluarga, dan masyarakat umum serta mengadakan seminar nasional yang diikuti tenaga kesehatan TNI dalam peringatan HUT RSPAD.

"Etana secara aktif bekerja sama dengan organisasi kesehatan seperti IDI, IDAI, dan Satgas Imunisasi Dewasa-Anak serta Rumah Sakit Pendidikan dalam melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi kepada awam maupun profesional," ujar Indra pula.
Baca juga: Etana komitmen hasilkan produk biologi lokal berkualitas tinggi
Baca juga: Perusahaan biofarmasi Etana dan RSPAD gelar vaksinasi Hepatitis A

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024