Bantuan ini merupakan bagian dari program Pemprov Riau untuk mendukung pengembangan usaha produktif di pondok pesantren.
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi mandiri kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Al Kautsar Pekanbaru dengan menyerahkan 3.000 bibit ikan patin.

"Bantuan ini merupakan bagian dari program Pemprov Riau untuk mendukung pengembangan usaha produktif di pondok pesantren, selain itu siswa Ponpes Al Kautsar dapat mengganti menu-menu bergizi seperti ikan patin," kata Asisten I Setdaprov Riau Zulkifli Syukur saat menyerahkan bantuan bibit ikan itu, di Greenhouse Al Kautsar, Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan dukungan Pemprov Riau kepada pondok pesantren bisa bermanfaat mengembangkan usaha budi daya perikanan yang berkelanjutan, dan bantuan serupa juga diberikan pada pondok pesantren lain di Riau.

Dengan demikian, katanya lagi, melalui bantuan bibit ikan akan membantu pondok pesantren meningkatkan kesejahteraannya sebagai wirausaha mandiri di samping sebagai pendakwah.

Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Pekanbaru Ali Muhlisin mengapresiasi Pemprov Riau yang berupaya mendorong mengembangkan unit-unit usahanya melalui greenhouse di lahan seluas kurang lebih 2 hektare ini.

Selain ikan, katanya, ponpes ini juga membudidayakan bebek, kambing, ayam, dan sayur-mayur.

Ketua Yayasan Pondok Modern Al Kautsar Pekanbaru Idham Teja Santosa mengapresiasi bantuan yang diberikan dan semoga upaya Pemprov Riau ini bisa menjadi contoh bagi pihak lain dalam mendukung kemandirian pesantren.

"Terima kasih dan alhamdulillah, ini adalah berkah bagi kita semua. Mudah-mudahan ini merupakan langkah awal dari kebersamaan antara pemerintah daerah dengan pondok pesantren di Riau. Pondok ini merupakan cikal bakal untuk pembinaan umat di masa depan. Mudah-mudahan kolaborasi antara pesantren dan pemerintah daerah bisa terus berjalan dan membawa manfaat yang besar bagi umat," katanya lagi.
Baca juga: 400 pondok pesantren di Riau terus ditingkatkan kualitasnya
Baca juga: Pemprov Riau kembangkan pondok pesantren berbasis teknologi

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024