Jakarta (ANTARA) - UEFA Champions League yang kerap disebut Liga Champions adalah kompetisi antarklub sepak bola terbaik di Eropa yang telah menorehkan banyak rekor sejak diselenggarakan pertama kali pada 1955/1956. 

Turnamen ini awalnya dikenal dengan nama European Champions Clubs Cup atau juga Piala Champions, barulah pada musim 1992 turnamen ini berubah nama menjadi UEFA Champions League yang dikenal hingga saat ini.

Hampir genap 70 tahun Liga Champions berlangsung, pastinya banyak momen bersejarah dan rekor gemilang di gelaran turnamen sepak bola terbesar di benua biru ini.

Apa saja rekor yang berhasil diciptakan di Liga Champions sejauh ini, simak selengkapnya;

Juara terbanyak
 
Pemain Real Madrid Toni Kroos mengangkat tropi usai memenangi laga melawan Borussia Dortmund pada final Liga Champions 2023/2024 di Wembley Stadium, London, Inggris, Minggu (2/6/2024) dinihari WIB. Kemenangan 2-0 atas Borussia Dortmund menghantarkan Los Blancos meraih tropi Liga Champions untuk ke-15 kalinya sepanjang sejarah. ANTARA FOTO/REUTERS/Carl Recine/rwa.


Real Madrid menjadi tim pemegang rekor juara terbanyak dengan torehan 15 gelar juara sejak awal keikutsertaan-nya di edisi perdana Liga Champions.

Tim dengan gol terbanyak
 
Pesepak bola Real Madrid Vinicius Junior mengangkat piala setelah timnya menjadi juara Liga Champions, di Stade de France, Saint-Denis dekat Paris, Prancis, Sabtu (28/5/2022). Real Madrid menjadi juara LIga Champions 20021/2022 setelah mengalahkan Liverpool dalam babak final 1-0 lewat gol tunggal yang diciptakan oleh Vinicius Junior. ANTARA FOTO/Reuters-Lee Smith/hp.


Sebagai tim dengan rekor juara terbanyak, nampaknya tidak heran jika Real Madrid juga mencatatkan rekor sebagai tim dengan gol terbanyak.

Real Madrid tercatat telah mencetak 1.075 gol dari 489 pertandingan dalam 43 kali partisipasi-nya pada ajang ini.

Tim dengan kartu merah terbanyak
 
Pesepak bola Juventus Merih Demiral (ketiga kiri) diganjar kartu merah oleh wasit Danny Makkelie (kedua kanan) pada menit 85 babak kedua saat melawan Barcelona dalam laga Group G Liga Champions, di Stadion  Allianz, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona berhasli menundukkan Juventus 2-0. ANTARA FOTO/Reuters-Massimo Pinca/hp.


Juventus menjadi tim yang mencetak rekor sebagai penerima kartu merah terbanyak.

Total 28 kartu merah telah diterima oleh si nyoya tua sepanjang Liga Champions. Kultur sepak bola Italia yang keras mungkin menjadi salah satu faktor terjadinya rekor ini. Meski begitu, tim asal kota Turin ini telah meraih 2 kali gelar juara.

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa
 
Megabintang Real Madrid Cristiano Ronaldo berfoto dengan trofi Liga Champions usai mengalahkan Liverpool 3-1 di final musim 2017/2018 di Stadion Olimpiade, Kiev, Ukraina, Minggu (27/5/2018) dini hari WIB. (twitter.com/ChampionsLeague)


Cristiano Ronaldo merupakan pemegang rekor pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions sejauh ini.

Penyerang senior timnas Portugal ini telah mencetak 141 gol sepanjang kariernya bermain di benua Eropa, sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke klub Arab Saudi, Al Nassr.

Pada 18 April 2017, ia menjadi pemain pertama yang mencapai 100 gol di Liga Champions, setelah mencetak hat-trick kala jumpa Bayern Munchen dalam penampilannya yang ke-137.

Penampilan terbanyak
 
Pemain Juventus Cristiano Ronaldo berbincang dengan pemain Barcelona Lionel Messi pada pertandingan Liga Champions Grup G di Camp Nou, Barcelona, Rabu (9/12/2020). Juventus berhasil mempermalukan tuan rumah dengan skor 0-3 dan Ronaldo mencetak dua gol pada laga itu. Meskipun kalah, Barcelona tetap lolos ke babak selanjutnya. ANTARA FOTO/REUTERS/Albert Gea/pras.
 

Dengan catatan 187 kali penampilan, Cristiano Ronaldo atau CR7 kembali mencatatkan rekor sebagai pemain yang paling banyak tampil di tiap gelaran Liga Champions, hal ini tidak bisa dipungkiri karena Ronaldo adalah penyerang hebat yang selalu diandalkan tim-nya dalam setiap pertandingan.

Ronaldo tercatat tampil bersama 4 tim berbeda selama kiprah-nya di Benua Eropa, yaitu Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus.

Waktu tampil terbanyak
Kapten Real Madrid Iker Casillas mengangkat Piala Super UEFA di Stadion Cardiff City, Wales, Selasa (12/8). Real Madrid menjadi juara Piala Super UEFA setelah mengalahkan Sevilla 2-0. (ANTARA FOTO/REUTERS/Dylan Mart)

​​​​​​​
​​​​​​​Iker Casillas telah menorehkan 16.267 menit bermain sepanjang kiprahnya di Liga Champions. Kiper asal Spanyol ini merupakan tembok terakhir yang kuat dengan kemampuannya menjaga gawang dan reflek yang mumpuni.

Terbukti ia selalu menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang tim yang dibela-nya seperti Real Madrid dan FC Porto.

Bersama timnas Spanyol, Casillas juga menjadi andalan tim matador dan berhasil membawa Spanyol juara dunia 2010.

Baca juga: Daftar juara Liga Champions, tim mana yang paling sukses?

Baca juga: Penjelasan soal format baru Liga Champions yang dimulai musim ini

Baca juga: Format Liga Europa UEFA untuk musim 2024/2025

 

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024