bisa dimanfaatkan ataupun bisa mendorong, mendukung di program pengembangan ataupun penyediaan makan bergizi
Ciamis (ANTARA) - Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Giyatno mengatakan Kawali Kampung Nila, Ciamis, Jawa Barat, siap mendukung Program Makan Bergizi Gratis dengan penyediaan ikan nila.

Giyatno menyebutkan Kampung Nila bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Ciamis dalam penyediaan protein hewani, khususnya ikan.

"Ini menjadi salah satu lokasi yang bisa dimanfaatkan ataupun bisa mendorong, mendukung di program pengembangan ataupun penyediaan makan bergizi khususnya di protein hewannya," ujar Giyatno di Ciamis, Jawa Barat, Rabu.

Kawali Kampung Nila, sebut Giyatno, bisa turut berkontribusi dalam penyediaan ikan nila maupun ikan yang sudah diolah.

Dalam Program Gemari Chating atau Gemar Makan Ikan Cegah Stunting, Kampung Nila membuat beberapa menu kekinian yang telah diolah sedemikian rupa agar anak-anak yang tidak suka makan ikan, mau mencobanya. Beberapa di antaranya adalah es krim ikan nila, es jelly fish, nugget ikan dan lainnya.

Baca juga: Pengembangan SFV Ciamis berikan tambahan pendapatan hingga 400 persen

Baca juga: Ratusan penumpang KA di Ciamis dan Tasikmalaya batal berangkat


Menurut Giyatno, beberapa menu tersebut dapat diterapkan pada Program Makan Bergizi Gratis untuk ketahanan pangan.

"Yang terkait dengan olahan ikan kekinian, dan kita ada es krim ikan nila, ada keripik cucuk ikan nila. Nanti insya Allah ada seblak ikan nilanya juga ada di sini sehingga ini menjadi salah satu konsep yang harus didorong lebih luas lagi," katanya.

Diketahui, Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindaya mengatakan Program Makan Bergizi Gratis akan menjangkau 82,9 juta penerima manfaat, termasuk ibu hamil, ibu menyusui, balita, dan anak sekolah dari PAUD hingga SMA, serta sekolah-sekolah keagamaan.

Hal ini disampaikan Dadan Hindayana di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (20/8), usai menemui Presiden Joko Widodo.

"Beliau inginkan agar Badan Gizi tidak cuma melaksanakan Program Makan Bergizi Gratis kepada anak sekolah, tapi lebih luas dari itu, utamanya budaya hidup sehat," katanya.

Mengenai Program Makan Bergizi Gratis, Dadan mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah memahami sepenuhnya kebutuhan program ini, sehingga dikeluarkan Perpres dan penunjukan Dadan sebagai kepala badan.

Baca juga: PUPR: Proyek Tol Getaci sampai Ciamis agar pembangunan lebih terukur

 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024