Jakarta (ANTARA) - Penyakit monkeypox, dikenal dengan cacar monyet merupakan salah satu penyakit cacar yang dapat menular. Berasal dari Afrika Barat dan Tengah, penyakit ini mulai menyebar ke beberapa wilayah negara lain, salah satunya adalah Indonesia.

 WHO telah mengklaim status monkeypox atau cacar monyet ini sebagai penyakit darurat kesehatan global pada 23 Juli 2022. Hal ini disebabkan penularan yang mudah terjadi secara kontak langsung, sehingga mengalami peningkatan jumlah kasus penyakit monkeypox ini.

Penularan penyakit monkeypox dapat terjadi dari hewan terhadap manusia atau dari sesama manusia yang terinfeksi virus monkeypox. Umumnya penularan penyakit ini berasal dari hewan ke manusia.

Penularan monkeypox atau cacar monyet

Beberapa hal dapat menjadi potensi terjadi penularan penyakit monkeypox atau cacar monyet. Cara penularan monkeypox karena adanya kontak erat dengan sumber virus. Penularan monkeypox yang terjadi dari hewan ke manusia adalah sebagai berikut.

  • Tergigit atau tercakar hewan yang telah terinfeksi virus monkeypox.
  • Terjadi kontak langsung dengan cairan tubuh hewan yang terinfeksi, seperti kotoran atau darah.
  • Memilih produk daging atau kulit hewan yang terinfeksi, serta tidak dimasak secara matang.

Hewan-hewan yang mengidap dan dapat menularkan virus monkeypox ini biasa ditemukan terhadap hewan monyet, tikus, tupai, atau hewan liar.

Selain itu, penularan monkeypox dapat terjadi dari manusia ke manusia adalah sebagai berikut.

  • Kontak langsung dengan luka atau cairan tubuh yang terinfeksi virus, seperti air liur, darah, atau cairan dari ruam kulit.
  • Melakukan hubungan seksual dengan orang yang terpapar virus monkeypox.
  • Menyentuh atau menggunakan barang-barang yang digunakan pengidap virus monkeypox, seperti pakaian, tempat tidur, dan lainnya.
  • Tinggal bersama dan berada didekat pengidap virus monkeypox dalam jangka waktu lama.

Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, monkeypox atau cacar monyet dapat menular saat orang yang terpapar belum menunjukkan gejala apapun.

Namun, orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat mengalami gejala lebih parah akibat virus monkeypox ini.

Monkeypox adalah penyakit menular yang dapat dicegah dengan melakukan pencegahan yang tepat. Oleh karena itu, sangat penting memahami cara penularan, gejala monkeypox, dan cara pencegahannya, sehingga dapat melindungi diri sendiri dan orang-orang terdekat.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024