Jakarta (ANTARA) - Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) dan Jagat Satwa Nusantara mengajak media mendukung konservasi satwa liar melalui kebun binatang dengan memberitakan secara positif.
 
"Melalui acara ini bersama media diharapkan dapat kolaborasi bersama sebagai bagian dari upaya memperkuat kampanye konservasi satwa liar di Indonesia," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKBSI Tony Sumampau di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Rabu.
 
Tony mengatakan hal itu dalam kegiatan “Action Indonesia Day: Ayo Ikut Serta&Dukung Upaya Konservasi Satwa Liar Melalui Kebun Binatang”.
 
Salah satu kegiatan positif yang dilakukan, yakni memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai keanekaragaman. Dia berharap adanya edukasi itu menumbuhkan rasa penasaran para anak-anak untuk bisa lebih sering mengunjungi lembaga konservasi.
 
"Melalui lembaga konservasi bisa mempelajari perkembangbiakan spesies dan nantinya akan dilepas kembali ke alam," ujarnya.

Baca juga: Medan Zoo sebut pakan 155 satwa masih dibantu PKBSI
 
Dengan melibatkan media diharapkan dapat memperkuat hubungan antara lembaga konservasi dan media, yang pada akhirnya akan menghasilkan pemberitaan positif mengenai peran penting lembaga konservasi dalam melestarikan satwa liar.
 
"Adanya citra positif lembaga konservasi di mata publik sehingga lembaga-lembaga tersebut semakin dikenal dan mendapat kepercayaan yang lebih besar dari masyarakat," ujarnya.
 
Masyarakat juga diharapkan dapat lebih memahami pentingnya peran lembaga konservasi ex-situ dalam menjaga kelestarian satwa liar serta memahami dengan lebih jelas perbedaan peran dan fungsi antara lembaga konservasi ex-situ dan in-situ.

Baca juga: Pelepasliaran dan upaya meningkatkan populasi di alam jalak putih
 
Direktur Utama PT Dyandra Mitra Indah sebagai pengelola Jagat Satwa Nusantara, Ery Erlangga mengatakan, pihaknya berkomitmen penuh untuk terus berkontribusi dalam upaya pelestarian satwa liar terutama melalui edukasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak.
 
"Kami berharap melalui kerja sama ini, kita dapat terus mendorong dan mendukung upaya pelestarian satwa liar di Indonesia secara berkelanjutan," ujar Ery.
 
Dengan adanya acara ini, diharapkan dapat memperkuat peran media dalam mendukung konservasi satwa liar di Indonesia serta menyebarluaskan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keanekaragaman hayati Indonesia.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024