Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT RI mendukung peran korban terorisme sebagai agen perdamaian melalui program Duta Pendamping Korban Tindak Pidana Terorisme.

Kepala BNPT RI Komjen Pol. Mohammed Rycko Amelza Dahniel menjelaskan program itu bertujuan untuk memberikan dukungan dan motivasi sesama para korban terorisme lainnya untuk bangkit, berdaya, dan melanjutkan kehidupan yang lebih baik usai peristiwa terorisme.

"Semoga rekan-rekan korban dapat terus berjuang dan dapat memaafkan untuk melangkah menuju masa depan yang lebih baik," kata Rycko dalam acara Hari Internasional Peringatan dan Penghormatan Bagi Korban Terorisme Tahun 2024 yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu.

Pada Hari Internasional Peringatan dan Penghormatan Bagi Korban Terorisme Tahun 2024, tema yang dipilih, yaitu "Voices for Peace: Victims of Terrorism as Peace Advocates and Educators".

Rycko menuturkan tema itu dipilih Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk merefleksikan kekuatan transformatif dari suara korban terorisme untuk meningkatkan kesadaran, membangun perdamaian, dan berkontribusi pada ketahanan masyarakat.

Selain mendukung peran korban terorisme sebagai agen perdamaian, BNPT RI juga berkomitmen untuk terus mendukung dan bersinergi dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) RI dalam pemenuhan hak-hak korban dengan memberikan kompensasi dan pemulihan secara komprehensif dan berkelanjutan.

BNPT RI, sambung dia, turut mendorong proses rekonsiliasi antara korban dan para pelaku terorisme sebagai bagian dari upaya untuk saling memaafkan serta memutus siklus kekerasan agar tercipta perdamaian.

"Kita menyadari sepenuhnya bahwa suara korban merupakan credible voices, suara mereka dapat menggugah kesadaran dan memupuk harapan baru untuk menemukan perdamaian," tuturnya.

Dirinya pun mengutuk keras semua aksi teror dan tindakan kekerasan atas nama dan alasan apapun di atas muka bumi.

Sementara kepada para korban yang selamat dari kejadian terorisme, ia berharap para korban bisa tetap tabah dan semangat menjalani kehidupan yang penuh dengan harapan bersama keluarga tercinta.

"Semoga rekan-rekan korban dapat terus berjuang dan dapat memaafkan untuk melangkah menuju masa depan yang lebih baik," ucap Rycko.

Baca juga: BNPT targetkan Perpres RAN PE periode 2025-2029 segera ditetapkan
Baca juga: Wapres sebut perempuan dan anak berperan putus mata rantai terorisme
Baca juga: BNPT ajak kaum muda rayakan HUT RI dengan kenang perjuangan pahlawan

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024